Di Balik Lensa Kamera

  • Whatsapp

beritalima.com | Ketika mendengar kata fotografi untuk pertama kalinya pasti hanya satu yaitu tentang kamera. Ya, memang fotografi tidak jauh-jauh dari kamera. Tapi, fotografi bukan hanya sebatas lingkup dalam bidang foto, namun berbagai komponen di dalamnya banyak yang belum diketahui secara mendalam.

Keinginanku untuk mendalami dunia fotografi dimulai ketika aku melihat temanku yang mahir di bidang fotografi. Tak mau hanya melihat saja, aku pun penasaran dan meminta temanku untuk meminjamkan kameranya kepadaku. “Wah, enak ya hanya tinggal pasang lensa, lalu jepret aja,” pikirku saat meminjam kamera temanku.

Namun, realitanya tidak semudah itu. Tidak hanya asal jepret saja, tetapi objek yang dihasilkan haruslah memiliki karya seni tersendiri. Menurutku dunia fotografi mempunyai makna tersendiri. Dibalik makna tersebut juga terdapat hal-hal menarik yang membuatku jatuh cinta dengan fotografi. Jadi, apa sajakah hal-hal tersebut yang membuatku tertarik terjun ke dunia fotografi?

Mencari Pengalaman
Pengalaman dalam memotret aku dapatkan ketika diajak oleh temanku hunting foto keliling Jakarta. Dia yang mengajariku bagaimana mengatur cahaya yang masuk, memfokuskan suatu objek, mengatur komposisi, dan masih banyak lagi. Awalnya aku hanya meminjam kamera mirrorless milik temanku. Rasanya tak puas apabila ingin menjadi fotografer tetapi tidak memiliki kamera pribadi. Temanku menyarankan membeli kamera agar nantinya aku pun bisa belajar lebih banyak saat memotret. Ketika hendak membeli kamera pribadi, aku memilih kamera DSLR. Alasanku membeli tipe kamera DSLR adalah ingin mempunyai pengalaman saat mengatur posisi lensa pada kamera DSLR. Berbeda dengan kamera mirrorless yang mempunyai fitur lebih sedikit dibanding kamera DSLR.

Menambah Relasi
Selain menambah pengalaman, aku pun mempunyai banyak relasi. Mulai dari mengenal banyak orang untuk dijadikan objek foto serta fotografer yang profesional di bidangnya. Kami pun dapat berbagi ilmu dan pengalaman sekaligus mendapatkan teman baru yang mempunyai hobi fotografi.

Ketemu Orang Penting
Selain menambah relasi, aku pun sering kali berjumpa dengan pejabat, artis, hingga orang terkenal lainnya. Tugas kuliahku tidak jauh-jauh dari liputan. Oleh sebab itu, aku kerap kali berjumpa dengan mereka bahkan sering mewawancarainya saat hadir dalam seminar ataupun acara-acara penting. Rasa ingin tahu, senang, dan lelah bercampuk aduk ketika berpapasan langsung dengan mereka.

Under Pressure
Dibalik rasa senang yang kualami terkadang aku merasa tertekan apabila bertemu orang yang merasa tidak puas saat aku mencoba memotret mereka. Aku merasa kurang percaya diri apabila “si model” mengeluh tidak puas dengan hasil fotoku. Keinginan mereka terkadang sulit aku mengerti. Meskipun dalam kondisi dongkol, aku ditutut untuk bersikap profesional dalam mengahadapi kejadian tersebut.

Selain hal-hal diatas, masih banyak lagi hal yang kudapat dalam fotografi. Fotografi juga membawaku ke dunia dimana aku dapat menciptakan momen yang tidak dapat diulangi. Menangkap momen dengan rasa sabar menghasilkan jepretan yang membuatku merasakan jatuh cinta pada setiap hasil fotoku. Hanya dibalik lensa kameralah aku dapat menciptakan karya seni.

(Victor Johanes Hari Sabatino/Politeknik Negeri Jakarta)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait