Dokter Lulusan Unair Siap Bersaing di Level Nasional maupun Internasional

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com-
Universitas Airlangga (Unair) telah berhasil membina dan mencetak lulusan dokter yang mampu bersaing di level nasional maupun internasional. Sehubungan dengan hal tersebut, Rektor Unair, Prof Dr Mohammad Nasih SE MT Ak menyampaikan beberapa hal.

“Unair merupakan salah satu perguruan tinggi yang mendapatkan tugas untuk menyelenggarakan pendidikan di bidang kedokteran. Untuk itu, Unair telah mencetak dan meluluskan peserta didik sebagai dokter dan dokter spesialis serta konsultan,” terang Prof Nasih.

Tugas Unair sebagai institusi pendidikan, sebagaimana peraturan dan perundang-undangan yang berlaku hanyalah menyediakan dan menyiapkan lulusan dokter dan atau dokter spesialis.

Unair tidak mempunyai hak dan kewenangan untuk mengatur dan atau mendistribusikan serta menugaskan dokter untuk menjalankan profesinya dan atau menjadi dokter yang bekerja di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dokter-dokter lulusan Unair dididik dan mendapatkan kompetensi yang jauh lebih unggul serta siap untuk berkompetisi dengan dokter lulusan luar negeri atau dokter asing.

Jika ada pimpinan universitas dan atau fakultas serta staf yang berpendapat yang berkaitan dengan pengelolaan praktik dokter di Indonesia, misalnya tentang dokter dari luar negeri, serta mengatasnamakan institusi, hal tersebut dapat dinilai ‘melampaui kewenangan’.

Sebagai perguruan tinggi negeri, Unair tunduk dan patuh pada semua peraturan dan ketentuan yang berlaku serta mendukung penuh semua kebijakan yang diambil negara atau pemerintah baik dalam hal penyelenggaraan pendidikan tinggi, penyelenggaraan pendidikan kedokteran, pendistribusian tenaga medis dokter, penetapan dan atau penugasan, serta pemberian izin kepada siapa saja dan dari negara mana saja untuk berprofesi dan berpraktik sebagai dokter di Indonesia.

Untuk diketahui, kesiapan dokter lulusan Unair dalam bersaing di kancah nasional maupun internasional juga didukung dengan prestasi Fakultas Kedokteran (FK) Unair yang menduduki peringkat 301-350 dunia dan peringkat dua nasional berdasarkan QS WUR by Subject 2024.

Demikian untuk menjadi maklum dan terima kasih atas perhatiannya.

Surabaya, 1 Juli 2024
Rektor Unair

Prof Dr Mohammad Nasih SE MT Ak

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait