Dr Andis: Inilah Sistem Pembelajaran Inovatif di Masa Pandemi Covid-19

  • Whatsapp

MAKASSAR. Masa pandemi Covid-19 yang sedang dijalani maka inovasi dan adaptasi dalam sistem pembelajaran jadi keniscayaan.

Melaksanakan sistem pembelajaran inovatif di masa pandemi itu, maka yang perlu dilakukan adalah membuat panduan tugas yang rinci namun tidak mendikte.

Demikian pemaparan makalah Wakil Rektor II Unismuh Makassar, Dr. H.Andi Sukri Syamsuri, M.Hum pada acara Webinar Kebiasan Baru Pembelajaran di Sekolah Pada Masa Pandemi, Sabtu (20/2/2021).

Dijelaskan, pada pembelajaran di masa pandemi, pastikan selalu memberi umpan balik, perbanyak assesment untuk membantu pelajar ini memahami kemampuan awal dan kebutuhan belajar berikutnya, tandas Dr Andis panggilan akrab Dr Andi Sukri Syamsuri ini.

Pastikan ada kriteria keberhasilan, pastikan melakukan refleksi berkala serta memahami konsep, ungkap Mahasiswa Teladan RI 1993

Metode pembelajaran paling efektif di masa pandemi adalah, project based learning, daring method, luring method, home visit method, integrated curriculum dan blended learning, ungkap Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Kesatuan Masyarakat Wajo (Kemawa) ini.

Pada sistem pembelajaran efektif di masa pandemi maka tenaga pendidikan dan pelajar dituntut kreatif dan inovatif. Diperlukan kerjasama berbagai pihak, kata Dekan FKIP Unismuh Makassar pada masanya ini.

Mencetak tenaga pendidik dan pelayan yang adaftif dalam teknologi pembelajaran, kata Koordinator Gerai Suara Muhammadiyah se-Kawasan Timur Indonesia (KTI) ini.

Para pemangku kepentingan pendidikan sebaiknya terus mengoptimalkan kualitas pendidikan dengan mengembalikan keharmonisan Tri Pusat Pendidik (Pendidikan Keluarga, Sekolah dan Lingkungan).

Pembelajaran mau tidak mau harus beradaptasi dan berinovasi dalam kenormalan baru dan terus menjawab tantangan pendidik yang semakin kompleks, ungkap Timsel Anggota KPU Sulsel Pemilu 2019 ini.

Tampil selaku nara sumber lainnya, Dr. Uwes Anis Chaeruman, M.Pd dosen Universitas Negeri Jakarta. Moderator, Junaedi, S.Pd, M.Pd (Guru Pesantren Madani Alauddin).

Mereka yang memberi sambutan, Kepala Seksi Pendidikan Dikdas Dinas Pendidikan Kota Makassar. Ketua Lembaga Pendidikan Pengembangan Aktifitas Intruksional (LP2AI) Unismuh Makassar, Dr.Khaeruddin, S.Pd, M.Pd.Ketua Education and Talent Development Center of Indonesia (ETDC Indonesia), tandas Tim Penyelia PPG Kemenristekdikti RI

Webinar tingkat nasional ini dilaksakan kerjasama Unismuh Makassar, Universitas Negeri Jakarta, Pemkot Makassar dan ETDC Indonesia, kata Sekretaris Himpunan Pembina Bahasa Indonesia (HPBI) Sulsel ini. (ulla/yahya).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait