Drs Andi Lukman, M.Si Berharap Dewan Etik Dosen Bersinergi dengan LLDIKTI IX Kembangkan dan Membina Karier Dosen

  • Whatsapp

MAKASSAR. Sekretaris LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi dan Gorontalo, Drs Andi Lukman, M.Si berharap, Dewan Etik Dosen LLDIKTI IX betul betul mampu bersinergi dengan LLDIKTI IX dalam pengembangan dan pembinaan karier dosen LLDIKTI IX Sulawesi.

Demikian penegasan Andi Lukman saat memberi sambutan singkat pada
pada acara silaturahmi Dewan Etik Dosen LLDIKTI IX, Senin malam (25/5/2020), secara virtual menggunakan aplikasi Zoom.

Dijelaskan, lembaga dewan etik dosen ini bisa pleksibel serta mendorong dan mendukung LLDIKTI IX dalam melakukan aktifitas akademik para dosen.

Ketua Dewan Etik Dosen LLDIKTI IX Sulawesi, Prof Dr Ma’ruf Hafidz, SH, pada kesempatan itu meminta kepada LLDIKTI IX dan pimpinan PTS untuk menindak tegas plagiarisme akademik.

Dijelaskan, praktek plagiarisme laksana orang kentut, terasa ada bau tapi sulit mendapatkan siapa orang yang kentut.

Penegakan etika dalam tindak plagiarisme harus menjadi komitmen semua pihak terutama para dosen yang membuatkan, tegas aktivis pers mahasiswa pada masanya ini.

Meminimalisasi praktek plagiarisme dalam dunia akademik maka Dewan Etik LLDIKTI IX awal Juni 2020 akan melakukan sosialisasi kepada para Dosen Dipekerjakan LLDIKTI IX dan Dosen Tetap Yayasan.

Sebelum dilakulan sosialisasi kepada para dosen itu, akan dilaksanakan sosialisasi materi Kode Etik Dosen LLDIKTI IX kepada para anggota Dewan Etik Dosen LLDIKTI IX Sulawesi ini, tegas mantan Wakil Rektor UMI Makassar ini.

Pada silaturrahmi pengurus dewan etik dosen ini dengan moderator, Sekretaris Dewan Etik LLDIKTI IX Sulawesi, Prof Dr.Eliza Meiyani, M.Si.

Turut join dalam pertemuan lewat online ini, Ketua Dewan Etik Dosen LLDIKTI IX Sulawesi, Prof Dr Ma’ruf Hafidz, SH, MH, Prof Dr Andi Muin Fahmal, SH, MH, Prof Dr Muhibuddin, M.Si, Prof Syamsu Ridjal, MS, Prof Dr Ansar, M.Si, Prof Hambali Thalib, SH, MH, Dr.Ir.H Abd Rakhim Nanda, ST,MT, IPM, Dr.Mulyadi Hamid, M.Si, Dr. Azis DP, MH dan anggota lainya.

Selain itu juga join dari luar Makassar, Dr.Andi Tenri Mahmud, M.Si (Buton Sultra) serta satu orang dari Sulut, Dr Rose Marie Lolowong, M.Pd.

Tugas dari Dewan Etik Dosen ini, menjaga martabat, kehormatan profesi dosen LLDIKTI IX. Membangun kepribadian dosen agar memiliki akhlak mulia.

Menciptakan suasana akademik yang kondusif di lingkungan PT. Menciptakan hubungan harmonis antar dosen dengan institusi sejawat, tenaga kependidikan, mahasiswa dan masyarakat.

Mengawasi perilaku dan di apabila terjadi pelanggaran kode etik dan peraturan perundangan oleh dosen kepada Kepala LLDIKTI IX. (Yahya).

beritalima.com

Pos terkait