beritalima.com

Dua KA Kembali Jalan, Cuma Jumat Sampai Minggu

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | PT KAI Daop 8 Surabaya kembali mengoperasikan 2 perjalanan KA jarak jauh dari Surabaya menuju arah Jakarta. Dua KA yang dioperasikan diantaranya KA Turangga dan KA Kertajaya, yang beroperasi hanya hari tertentu, tidak setiap hari.

beritalima.com

KA tersebut beroperasi hanya pada hari Jumat sampai Minggu tanggal 3, 4, 5, 10, 11, 12, 17, 18, 19, 24, 25 dan 26 Juli 2020. Setelah itu kembali beroperasi Kamis (30/7/2020) sampai Minggu (2 Agustus 2020).

KA Turangga relasi Surabaya Gubeng – Gambir/pp jalur selatan melalui stasiun Madiun, Solo, Yogyakarta, Kroya, Banjar, Bandung dan berakhir di Stasiun Gambir – Jakarta. Rangkaian yang digunakan terdiri 4 gerbong eksekutif dan 1 gerbong kereta kelas Luxury, dengan kapasitas total 166 tempat duduk.

KA Plb 77b/ KA Turangga relasi Surtabaya Gubeng – Gambir berangkat dari Stasiun Gubeng pada jam 16:30, tiba di Stasiun Bandung jam 05:20, dan berangkat kembali dari Stasiun Bandung jam 06:05, selanjutnya tiba di Stasiun Gambir jam 09:19.

KA Plb 78b/ KA Turangga relasi Gambir – Surabaya Gubeng, berangkat dari Stasiun Gambir jam 14:00 dan tiba di Stasiun Bandung jam 17:18 serta kembali berangkat dari Stasiun Bandung jam 18:05 tiba di Stasiun Surabaya Gubeng jam 07:07.

KA Kertajaya relasi Surabaya Pasar Turi – Pasar Senen/Jakarta jalur utara melalui stasiun diantaranya Bojonegoro, Semarang, Cirebon dan berakhir di Stasiun Pasar Senen. KA Kertajaya membawa rangkaian 5 gerbong kereta kelas ekonomi dengan kapasitas total 280 tempat duduk.

KA Plb 255a relasi Surabaya Pasar Turi – Pasar Senen, berangkat dari Stasiun Pasar Turi jam 21:05 dan tiba di Stasiun Pasar Senen jam 08:36. Sementara Plb 256a relasi pasar Senen – Pasar Turi, berangkat dari Stasiun Pasar Senen jam 14:10 dan tiba di Stasiun Pasar Turi jam 01:24.

“Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan layanan KA Turangga dan KA Kertajaya ini bisa pesan tiket melalui layanan online seperti aplikasi KAI Access, website resmi KAI, Indomaret, Alfamart dan chanel eksternal resmi lainnya,” ujar Suprapto, Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya.

“Pemesanan tiket secara online dapat dilayani H-7 sebelum keberangkatan KA. Loket stasiun hanya melayani penjualan Go Show atau penjualan langsung 3 jam sebelum KA berangkat,” lanjut Suprapto.

Di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya pada Juli 2020 ini terdapat 7 perjalanan KA jarak Menengah/Jauh, diantaranya KA Turangga relasi Surabaya Gubeng – Bandung – Gambir (jalur Selatan)/pp, KA Kertajaya relasi Pasar Turi – Pasar Senen (jalur utara)/pp, KA Maharani relasi Pasar Turi – Semarang Poncol/pp.

Berikutnya KA Probowangi relasi Surabaya gubeng – Ketapang/Banyuwangi/pp, KA Tawangalun relasi Malang Kota lama – Ketapang/Banyuwangi/pp, KA Sritanjung/KA 302 – 303 relasi Lempuyangan – Surabaya Gubeng – Ketapang KA Sritanjung/ KA 304 – 301 relasi Ketapang – Surabaya Gubeng – Lempuyangan.

Perjalanan KA jarak jauh ini telah menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, sesuai standar yang telah ditentukan oleh Kemenhub, sehingga bagi calon penumpang harus mematuhi dan melaksanakan SOP yang sudah ditentukan.

Selain itu penumpang harus enunjukkan surat keterangan uji tes pcr dengan hasil negative, atau surat keterangan uji rapid-test dengan hasil non reaktif yang berlaku 14 hari pada saat keberangkatan.

Juga, menunjukkan surat keterangan bebas gejala seperti influenza (influenza-like illness) yang dikeluarkan oleh dokter rumah sakit/ puskesmas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas test pcr dan/atau rapid-test.

Penumpang dari atau ke Jakarta wajib memiliki Surat Ijin Keluar Masuk (SIKM) wilayah DKI Jakarta, kecuali bagi sektor yang dikecualikan berdasarkan Pergub DKI Jakarta No:47 Tahun 2020. (Ganefo)

Teks Foto: KA Kertajaya, salah satu dari 2 KA yang mulai hari ini (Jumat, 3/7/2020) kembali dioperasikan, dan hanya di hari Jumat sampai Minggu.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait