Edukasi UKM dan Pelatihan Pemasaran ditengah Pandemi

  • Whatsapp

beritalima.com | Dengan adanya pandemic yang terjadi saat ini pemerintah menetapkan tentang pelaksanaan pendidikan dalam masa darurat yang tercantum dalam surat edar Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 tahun 2020, dimana masa darurat covid membuat beberapa sekolah dan bahkan universitas melakukan semua kegiatan tatapan buka diganti dengan kegiatan daring atau belajar dari rumah.

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo sudah menjalakan sesuai dengan edaran yang telah ditetapkan pemerintah. Akan tetapi proses KKN Kerja tetap akan dilaksanakan. Program kerja pada KKN Tangguh kali ini memiliki batasan dikarenakan masa pandemic mahasiswa dilarang mengumpulkan masa. Maka dari itu proses KKN dilakukan dilingkungan sekitar rumah tinggal atau domisili masing-masing mahasiswa.

KKN Tangguh 2020 kali ini tak membuat pantang menyerah mahasiswa jurusan Informatika yang bergabung dalam kelompok 23 sekaligus ketua kelompok pantang menyerah. Amirudin Hamzah mahasiswa jurusan informatika ialah salah satu dari mahasiswa yang memiliki tekat kuat ditengah kesibukan kerja, ia melakukan penjadwalan beberapa serangkaian kegiantan yang akan dia sasarkan pada beberapa tetanggak yang berdampak pada masa pandemi. Amir memberikan edukasi pemasaran via Online untuk tetangga yang dijadikan target Program kerja KKNnya tersebut.

Ia melakukan serangkaian kegiatam pada tetangga yang pertama ia melakukan pendekatan dengan memberikan edukasi serta pembelajaran bagaimana cara pemasaran agar dijangkau khalayak diluar desa. Pengemasan produk pada penjual sinom dan rajut agar menarik diberikanlah pelatihan pengamasan yang menarik. Amir juga membantu penjual sinom dan rajut tersebut melakukan pembeuatan video untuk beberapa produk pemasaran untuk promo dimedia social Instagram. Amir juga membantu umkm rajut yang sekaligus penjual lele tersebut melakukan interaksi yang baik dengan costumer melalui media social Whatsapp.

Beberapa proker mahasiswa informatika tersebut berhasil membuat tetangga berhasil melakukan penjualan yang lumayan signifikan perkembangannya. Dikarenakan selama ini pengamasan dan penjualan hanya dipasarkan area dekat penjual tersebut tinggal. KKN Tangguh Universitas Muhammadiyah membuaktikan bahwa pada masa pandemipun mahasiswa dapat memberikan manfaat serta dapat membantu disekitarnya bagaimana usaha tetap bertahan dimasa panemi.

Oleh : Amir Hamzah, Mahasiswa KKN Tangguh Universitas Muhammadiyah Sidoarjo jurusan Informatika.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait