Ekonomi Berbasis Umat Akan Dukung Pertumbuhan Ekonomi Indonesia di Masa Depan

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com |

Ekonomi keumatan dapat menjadi penggerak roda perekonomian, termasuk masa pandemi seperti sekarang. Disisi lain, diperlukan kebijakan dalam membangun ekonomi keumatan, yang mendukung dan merangsang umat menjadi wirausaha di berbagai sektor. Diplomat Success Challenge ingin berperan dalam memberikan kesempatan kepada semua lapisan, termasuk segmen berbasis komunitas dan ekonomi keumatan. Berkolaborasi bersama NU Circle, Diplomat Success Challenge menggelar serangkaian webinar yang telah digelar pada 20 Agustus lalu.

Menteri Koperasi & UMKM Teten Masduki, dalam sambutan webinar DSC 12 X NU Circle dengan tema “Jalan Sukses Tembus Omset Ratusan Juta dari Bisnis Makanan” pada 20 Agustus lalu memaparkan,

“Target rasio kewirausahaan nasional di tahun 2024 sebesar 3,95% dengan pertumbuhan wirausaha baru, sebesar 4%. Namun rasio kewirausahaan ini masih sekitar 3,47%, masih dibawah negara tetangga lainnya seperti Singapura dan Malaysia. Sehingga dibutuhkan kolaborasi antara pemerintah dan swasta dalam mempersiapkan peningkatan kualitas SDM unggul untuk mewujudkan target itu,” terangnya.

Pondok pesantren dan ekonomi syariah memiliki potensi yang sangat besar untuk mendongkrak kemajuan ekonomi nasional. Tercatat pada triwulan pertama tahun 2021, Indonesia memiliki 31.385 pondok pesantren dengan jumlah mencapai 4,29 juta santri. Potensi ini juga menjadi kekuatan ekonomi syariah Indonesia yang menempati peringkat 4 dunia.

Di kesempatan yang sama, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan,

“Besarnya potensi tersebut masih bisa dikembangkan secara maksimal. Karenanya kita semua perlu melakukan upaya peningkatan kapasitas talenta di lingkungan pesantren, baik dari sisi manajerial, keuangan, digitalisasi hingga infrastruktur dan akses pasar, agar lulusan pesantren siap bersaing, baik yang menggeluti dunia usaha maupun dunia karier. Juga membangun jaringan serta ekosistem yang saling menguatkan. Upaya tersebut membutuhkan sinergi dan dukungan dari pemerintah dan swasta, termasuk dengan adanya ajang seperti kompetisi wirausaha ini yang memberi tantangan agar talenta di lingkungan pesantren terus berinovasi dan berkembang,” jelas Erick Thohir

Program Inisiator DSC 12, Edric Chandra mengungkapkan,

“Tahun ini kami memperluas segmen audiens berbasis komunitas dan ekonomi keumatan melalui kerja sama dengan menggelar serangkaian webinar bersama NU Circle, LPNU (Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama), Ansor, dan HIPSI (Himpunan Pengusaha Santri Indonesia). Tujuannya adalah semakin banyak melahirkan entrepreneur dari komunitas berbasis santri dan Nahdliyin dan membangkitan ekonomi keumatan walau berada di tengah masa pandemi.” ungkap Edric.

Bersama dengan Top Karir, program webinar bersama NU Circle telah melakukan serangkaian aktivitas dan terus berlangsung hingga bulan September mendatang. Menghadirkan berbagai pelaku UMKM dalam memberikan inspirasi bagaimana merealisasikan sukses dengan improvisasi bisnis agar dapat mengendalikan situasi di saat pandemi. Tidak hanya bertahan tapi tetap tumbuh dan berkembang, sekaligus menjaga konsistensi. Pelaku UMKM tersebut diantaranya Ima Yuanita, CEO Enak! Indonesia, serta Teddy Rachman yang dikenal sebagai Founder dan CEO Martabak & Terang Bulan Hawaii yang sukses membuka 90 cabang di seluruh Indonesia. Mereka adalah pembicara webinar DSC 12 bersama Top Karir dan NU Circle. Masih banyak pelaku UMKM inspiratif lainnya yang juga akan turut berbagi dalam serangkaian webinar ke depan, diantaranya adalah Hamdan Hamedan (CEO Aplikasi Kesan), dan Nurdin Hidayat (Owner Ayam Geprek Si Akang dan Koordinator Pendamping OPOP Jawa Barat).

Rangkaian webinar DSC 12 X NU Circle berkolaborasi dengan Top Karir akan tetap berlanjut dengan topik “Kiat Sukses Konglomerasi Usaha Pesantren” pada Kamis, 26 Agustus dan “Kisah Sukses Bisnis Digital Start Up” pada Jumat 3 September. Informasi lebih lanjut dalam dilihat di https://www.nucareer.id/event/DSC-Event-2021. Segera daftarkan dirimu di DSC 12! Ikuti terus update tentang DSC 12 di linimasa media sosial; Instagram @diplomatsukses dan website https://www.diplomatsukses.com(Yul)

beritalima.com

Pos terkait