Empat Jenazah Korban Berhasil Di Evakuasi

  • Whatsapp

Timika,beritalima.com. Pukul 16.10 WIT Tim gabungan TNI-Polri yang dipimpin oleh Kapolres Yahukimo dan Dandim 1715 Yahukimo berhasil mengevakusi Empat Jenazah korban penembakan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Yahukimo Papua, Saptu (26/06).

Tim gabungan dan Pilot bersama Kapolres dan juga Dandim melaksanakan brifing dan teknis pengamanan untuk mengevakuasi Korban di Kampung Bingki, Distrik Seradala Kabupaten Yahukimo.

Pukul 16.30 WIT, tiga unit Helycopter berangkat menuju Kampung Bingki Distrik Seradala dengan membawa Tim untuk mengevakuasi korban.

Tim gabungan tiba di Kampung Bingki dan langsung melakukan evakuasi terhadap empat korban MD penembakan oleh KKB, pukul 17.50 WIT helicopter yang membawa korban tiba di Lapangan Hellypad kemudian selanjutnya dievakuasi ke ruang jenazah RSUD Dekai untuk selanjutnya dilakukan Visum Jenazah.

Saat ini tiga korban penembakan disemayamkan di Masjid At-Taqwa Dekau, satu korban penembakan disemayamkan dirumah duka di Jalan Sosial Distrik Dekai Kabupaten Yahukimo.

Untuk diketahui bahwa kasus penembakan tersebut terjadi pada hari Kamis tanggal 24 Juni 2021 berawal para karyawan PT. Sinama melakukan aktifitas setiap hari, dalam hal ini pembangunan Proyek Jembatan Kali Kuk Kampung Samboga Distrik Seradala Kabupaten Yahukimo.

Pukul 11.05 WIT, korban an. Saiful yang merupakan Supir karyawan PT. Sinama bersama karyawan lainnya menggunakan Mobil R4 (truk) sedang mengambil matrial proyek berupa Batu Ciping (batu olahan) dari Camp Kali Kuk kampung Samboga dengan tujuan PT. Berantas Kampung Sukamo dengan melewati Jembatan Kali I kampung Samboga Distrik Seradala.

Saat melintas jembatan Kali I dalam mengangkut matrial dari PT. Berantas bersama tiga Truk lainnya belum ada kelompok KKB, kemudian Sopir kembali melewati jembatan kali I (Ret kedua) mengangkut matrial dari PT. Berantas dimana korban dengan menggunakan R4 truk berada pada posisi belakang.

Sesudah melintas jembatan kali I, dari Camp kali Kuk (tempat kerja) korban dihadang oleh kelompok KKB Kali I dengan jumlah 30 orang dan dua orang dari kelompok tersebut membawa dua pucuk senjata api laras panjang, selanjutnya terdengar dari pimpinan kelompok tersebut mengatakan bahwa “Laksanakan Operasi dan Periksa mereka”.

Korban kemudian mundur ke belakang untuk memutar kembali ke arah Camp kali Kuk bersamaan dengan bunyi tembakan laras panjang dari arah depan korban yang mengakibatkan kaca depan retak tembus kebelakang akibat terkena proyektil senjata api tersebut. Atas kejadian tersebut, korban kembali ke arah tempat bekerja bertempat di Camp PT. Seremony kali Kuk Kampung Bingki untuk berkumpul bersama karyawan dan masyarakat Kampung Bingki.

Pukul 15.50 WIT, personel Polres Yahukimo mendapatkan informasi melalui Via telpon dari sdr. AD bahwa telah terjadi penembakan terhadap masyarakat Bingki an. Obaja Nang yang dilakukan oleh KKB kali I.

Pukul 16.05 WIT, mendapat informasi tersebut Kapolres Yahukimo AKBP Deni Herdiana, S.E., S.H berkoordinasi dengan Dandim 1715/Yahukimo Letkol inf. Christian F.R. Ireuuw, A.md guna mengambil langkah penanganan terkait kasus penembakan tersebut.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal SH mengatakan proses evakuasi ke Empat jenazah berjalan dengan lancar.

“Personil gabungan masih melakukan pengejaran terhadap Kelompok Kriminal Bersenjata pimpinan Tendius Gwijangge alias tendinus Murib”,kata Kamal.

(Timika/lasatia)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait