Enam Tips Sukses Bisnis Sampingan dari Ninja Xpress

  • Whatsapp

JAKARTA, beritalima.com | Memiliki sumber pendapatan dari bisnis sampingan telah menjadi semakin penting di era modern yang penuh ketidakpastian ekonomi. Bisnis sampingan tidak hanya memberikan stabilitas finansial tambahan, tetapi juga dapat menjadi jaminan dalam menghadapi situasi tak terduga, seperti kehilangan pekerjaan utama atau krisis keuangan mendadak.

Berdasarkan survei Asia Pacific Side Job Survey 2023, tiga dari lima (59%) responden memiliki pekerjaan sampingan. Alasan utamanya adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari (61%). Alasan lainnya termasuk lonjakan biaya hidup (44%) dan tidak mengandalkan satu sumber penghasilan (43%).

Apabila Anda ingin atau baru saja menghasilkan cuan dari bisnis sampingan tetapi memiliki pekerjaan utama, berikut 6 tips dari Ninja Xpress untuk sukses menjalankan bisnis sampingan.

1. Pilih bisnis sesuai minat Anda
Untuk berhasil memulai bisnis sampingan, langkah pertama adalah memulai dari hal yang Anda minati. Misalnya, jika suka menulis, Anda bisa menjadi freelance writer. Atau jika memiliki bakat fotografi, bisa menjadi fotografer pernikahan dan sebagainya.

2. Tentukan komitmen waktu yang jelas
Agar dapat membagi fokus dengan baik saat menjalankan bisnis sampingan, Anda perlu menetapkan jumlah jam yang ingin Anda habiskan untuk bisnis tersebut dari awal. Hal ini akan membantu menjaga agar pekerjaan utama tidak terganggu.

3. Rencanakan bisnis yang jelas
Meskipun bisnisnya hanya sebagai sampingan, namun untuk mempertahankan keberlangsungan dan fokus, penting bagi Anda untuk membuat rencana bisnis. Ini akan membantu Anda untuk mengetahui arah dan bentuk apa yang akan diambil oleh bisnis Anda di masa mendatang.

4. Tentukan tujuan pendapatan
Menetapkan tujuan pendapatan membantu memberikan arah yang jelas dan fokus pada upaya pengembangan bisnis. Meski pendapatan yang diperoleh mungkin tidak sebesar pekerjaan utama, memiliki tujuan pendapatan dapat mendorong motivasi dan tanggung jawab untuk mengembangkan bisnis dengan lebih serius.

5. Kenali persyaratan legal bisnis yang diperlukan untuk bisnis sampingan Anda
Selalu pastikan untuk mempelajari tentang legalitas bisnis. Mengingat Anda sekarang telah menjadi pelaku usaha, penting untuk memahami segala aspek hukum dalam dunia bisnis. Ini akan membantu Anda menghindari kesalahan dan kerugian di masa depan.

6. Temukan partner bisnis yang membantu bisnis Anda berjalan lebih cepat
Terakhir, pastikan Anda memiliki partner bisnis untuk membantu anda seperti dalam hal pengiriman barang. Seperti memberikan real-time tracking hingga customer service yang siap membantu segala kendala dalam berbisnis. Melalui layanan respon cepat resolusi tepat, Ninja Xpres siap membantu menjawab keluhan Anda sebagai pebisnis.

Dengan mengikuti tips-tips tersebut dan membangun bisnis sampingan secara cermat, Anda dapat meraih kesuksesan finansial tambahan yang memberikan jaminan dan kebebasan dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi modern. Jadikanlah bisnis sampingan sebagai alat yang kuat dalam merencanakan masa depan finansial Anda. (Gan)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait