FAI Unismuh Gelar Seminar Hasil Penelitian Implementasi MBKM

  • Whatsapp

MAKASSAR. Fakultas Agama Islam (FAI) Unismuh Makassar kembali sukses menyelenggarakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang menjadi program kementerian Pendidikan RI.

Selama dua tahun berturut-turut FAI Unismuh meloloskan Program Studinya untuk mengikuti program MBKM tersebut, yakni Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) pada tahun 2020 dan Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES) pada tahun 2021.

Sebagai langkah lanjutan dari program MBKM tahun 2021 tingkat fakultas, FAI Unismuh melaksanakan program kewirausahaan sebagai program unggulan fakultas.

Kegiatan unggulan MBKM 2021 ini ditutup dengan seminar hasil penelitian dengan tema “Evaluasi Program Implementasi MBKM (Penguatan Kegiatan Wirausaha dan Penerapan Peserta Didik yang Mandiri dan Kompetitif)” yang dilaksanakan di UBC Lt 2 Gedung (Sabtu, 24 Desember 2021).

Kegiatan yang diikuti sekitar 60 peserta dari kalangan mahasiswa dan dosen tersebut, dibuka oleh Dekan FAI Unismuh, Dr Amirah Mawardi SAg MSi didampingi Wakil Dekan 1 Dr M Ilham Muchtar Lc MA.

Turut hadir Dr Agustam S MPd, sebagai penanggung jawab Riset dampak MBKM pada divisi riset LP3M Unismuh Makassar.

Pada kesempatan seminar penelitian tersebut, Ketua Tim Unggulan MBKM tingkat fakultas, Hasanuddin SESy ME berkesempatan memaparkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan oleh Prodi HES.

Hasanuddin menjelaskan bahwa sejumlah kegiatan kewirausaan yang dilaksanakan oleh FAI Unismuh selama tahun 2021, telah menghasilkan beberapa luaran yaitu hasil riset dan produk kewirausahaan.

Riset tersebut dilakukan untuk mengetahui sejauhmana dampak pelaksanaan program kewirausahaan MBKM di tengah masysrakat.

Khusus untuk produk kewirausahaan, Hasanuddin menjelaskan bahwa sejumlah program telah dilaksanakan yaitu magang mandiri bagi mahasiswa dan masyarakat yang ingin belajar marketing online.

Program lainnya adalah toko online (online shop/olshop) yang bekerjasama dengan PT Surya Pangan Indonesia. Srlain itu, program kewiraushaan ini juga memberikan pendampingan kepala pelaku usaha Warkop “Abad 21” dan usaha “Warmindo” yang sepenuhnya dikelola oleh mahasiswa. (huriah/yahya)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait