Fashion Show Pesona Tenun Sumbawa Barat Tahun 2024 Bangkitkan Kreatifitas Para Desainer KSB

  • Whatsapp

SUMBAWA BARAT NTB.Beritalima.com|
Dekranasda Kabupaten Sumbawa Barat Kembali melaksanakan Kegiatan Fashion Show Pesona Tenun Sumbawa Barat Tahun 2024 pada hari Sabtu 3 Agustus 2024 bertempat dj Depan Tugu Syukur Kompleks KTC Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat. Kegiatan tersebut berlangsung pada Sore 16.00, dan dilanjutkan pada malam harinya.

Dalam laporannya, Ketua Dekranasda Kabupaten Sumbawa Barat, Hj Hanipa Musyafirin, S.Pt.,MM.Inov menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan tersebut adalah yang ke 4 kalinya dilaksanakan. Alhamdulillah semua OPD ikut dalam kegiatan Fashion Show di tahun ini. Disamping OPD, ada juga pesertan yang dari kalangan umum, para desainer yang ada di KSB. Ini sebagai Upaya untuk memasyarakatkan tenun KSB. Kita berharap kedepannya Pemerintah kabupaten Sumbawa Barat dapat mebuat regulasi terkait dengan penggunaan tenun Khas KSB pada jam jam kerja. Ini sebagai upaya untuk mendukung tumbuh kembangnya ekonomi kreatif terutama kain tenun khas KSB.

Semnetara itu, Asisten 1 Sekretariat Daerah H.A.Malik Nurdin S.Sos.,M,Si dalam sambutan pembukaannya mewakili Bupati Sumbawa Barat menyampaikan Kegiatan ini merupakan rangkaian dari perayaan Hari Kemeredekaan Republik Indonesia 17 Agustus tahun 2024 dan Harlah KSB ke 21 tahun 2024, yang insyallah seluruh rangkaiannya akan berlangsung hingga bulan September mendatang.

Dalam kesempatan tersebut H.Malik mengucapkan terima kasih kepada panitia penyelenggara, para desainer, dan seluruh pihak yang telah bekerja keras untuk mewujudkan acara tersebut. “Fashion Show ini bukan hanya sekadar ajang peragaan busana, tetapi juga merupakan bentuk nyata dari upaya kita untuk melestarikan dan memperkenalkan warisan budaya tenun khas daerah kita kabupaten sumbawa barat”.

H Malik Juga menambahkan bahwa, tenun khas daerah kita memiliki keindahan yang tak ternilai harganya. Setiap helai benang yang ditenun, setiap motif yang diguratkan, mengandung cerita, filosofi, dan kearifan lokal yang diwariskan dari generasi ke generasi. Melalui acara ini, kita berharap dapat memperkenalkan kekayaan budaya kita, sekaligus mendorong kreativitas para pengrajin dan desainer untuk terus berkarya dan berinovasi.

Dalam kesempatan tersebut, H Malik mengajak seluruh masyarakat untuk terus mendukung dan mencintai produk-produk lokal. Dengan menggunakan dan mempromosikan tenun khas daerah. “Kita turut berkontribusi dalam menjaga kelestarian budaya serta meningkatkan kesejahteraan para pengrajin yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat” Ungkap H malik

Ada pun yang berhasil mendapat juara pada kegiatan tersebut, sebagai juara Umum pria : Juara 1 no undi 10 atas nama Mila Karmila, juara 2 no undi 20 atas nama Gita dan juara 3 Sisca. Sementara untuk kategori putri no undi 9 sebagai juara 1 atas nama Mila, juara 2 no undi 1 atas nama Sisca dan juara 3 Lara. Untuk juara favorit busana no 17 atas nama Lara, dan Best desainer atas nama lara.

Untuk juara kategori OPD, sebagai juara 3 no undi 1 Diskominfo, juara 2 no undi 18 dari Dinas P2KBP3A dan sebagai juara 1 no undi 38 dari Dinas DPKAD. Sementara untuk Best Favorite no undi 16 Dinas Lingkungan Hidup, untuk Best tim kostum no undi 30, dari RSUD , dan sebagai best tim sepurter dari Diskoperindag.(Humas

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait