Harga Cabai Melejit? Masyarakat Desa Tenjolaya Cicalengka Mulai Menanam Cabai dari Rumah

  • Whatsapp

Oleh: Xavierina Dewi

Awal Tahun 2021 Masyarakat Indonesia dikagetkan dengan melonjaknya harga cabai dengan kisaran Rp. 90.000 sampai dengan Rp. 100.000 per kilogram. Menurut Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) Abdullah Mansuri pada wawancara menyampaikan bahwa para pedagang pasar sudah memperkirakan harga cabai rawit pada Januari 2021 akan mengalami kenaikan karena sejak penghujung tahun 2020 mulai terlihat pergerakan harga cabai di Indonesia.
Tingginya harga cabai dikeluhkan oleh masyarakat Indonesia baik konsumen maupun pedagang. Terlebih masyarakat Indonesia masih harus berjuang ditengah pandemi Covid-19 yang mengganggu seluruh sektor kehidupan mulai dari pendidikan, manufaktur hingga perekonomian. Untuk mengantisipasi hal tersebut sebagian warga di Desa Tenjolaya Kecamatan Cicalengka mulai menanam cabai dari rumah. Dengan cara sederhana mereka berhasil menumbuhkan tanaman cabai sejak Desember 2020 lalu.

potret salah satu warga yang berhasil menanam cabai dari rumah
Berikut ini adalah cara efektif untuk menanam cabai dari rumah:
1. Pembenihan
Pembenihan dilakukan dengan memilih biji cabai yang bersih dan sehat, Anda bisa menggunakan sisa biji cabai yang ada di dapur Anda. Rendamlah biji tersebut didalam air hangat kuku selama 30 menit, kemudian pisahkan biji yang tenggelam dan biji yang mengapung. Untuk benih yang baik gunakan biji yang tenggelam.
2. Penyemaian
Mulailah memasukkan tanah yang subur kedalam botol bekas atau Anda bisa gunakan poly bag. Tanmabhakn pupuk dengan perbandingan 1 : 1, jika tidak pilihlah tanah dengan warna gelap dan tekstur gembur. lalu benih disemai satu persatu dalam wadah tersebut selama 20-30 hari atau sampai tumbuh 4-5 heai daun pada tanaman cabai. Lakukanlah penyiraman dengan percikan air secara rutin.

3. Pemindahan Media Tanam
Agar tanaman cabai Anda tetap tumbuh pesat dan sehat, pindahkan tanaman tersebut ke media tanam yang lebih luas misalnya kedalam pot besar atau ke lahan di halaman rumah anda. Pemindahan media tanam ini sebaiknya dilakukan pada sore hari agar bibit mempunyai waktu yang cukup untuk beradaptasi pada malam hari.
4. Pemeliharan
Selama proses pertumbuhan tanaman cabai harus dipelihara dengan memperhatikan gangguan hama dan intensitas cahaya. Bersihkanlah tanaman liar yang tumbuh disekitar tanaman cabai Anda, tetap siram tanaman dengan rutin dipagi dan sore hari.
5. Panen
Setelah berusia 3 atau 4 bulan, tanaman cabai Anda akan siap dipanen. Panen cabai dilakukan saat cabai 90% masak dan sebaiknya dilakukan pada cuaca cerah.

potret tanaman cabai berhasil tumbuh di halaman warga
Itulah cara jitu untuk menanam cabai dari rumah, cara tersebut sudah dibuktikan oleh warga Desa Tenjolaya. Tahukah anda program tanam cabai merupakan program nasional yang dicanangkan oleh pemerintah pusat sejak tahun 2016 lalu. Dengan menanam cabai dari rumah, Anda telah melakukan mini reboisasi, membantu menjaga stabilitas perekonomian negara, mengurangi sampah dapur anda dan mulai berlatih untuk program Gubernur Jawa Barat yaitu Petani Milenial. Selagi mengisi waktu pandemi Anda bisa mencoba hal baru yaitu tanam cabai dari rumah. Selamat mencoba!

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait