Hari Ginjal Sedunia

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr. Robert Arjuna FEAS *
Hari Ginjal Sedunia adalah kampanye global yang jatuh pada hari Kamis, 9 Maret 2023. Kampanye ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan ginjal. Dengan adanya kampanye ini, diharapkan masyarakat akan sadar tentang faktor risiko, cara hidup dengan penyakit ginjal, dan mengurangi dampak penyakit ginjal serta masalah kesehatan terkaitnya.

Kita ketahui semua orang mempunyai sepasang ginjal yang terletak disekitar pu ggung badan kita yang berfungsi untuk menyaring urine dan merupakan organ paling vital untuk kesehatan tubuh, bila ginjal tidak sehat kita harus cuci darah seumur hidup dan tak bisa sembuh.bagaimana ini,mari kita bahas bersama.setiap tahun, Hari ini, 9 Maret, masyarakat dunia ramai-ramai menggalang kampanye kesehatan bagi ginjal. Tema adalah “Menjembatani Kesenjangan Pengetahuan Untuk Perawatan Ginjal Yang lebih Baik’.

Hari Ginjal Sedunia 2023 mengangkat tema ‘Kidney Health for All: Preparing for the unexpected, supporting the vulnerable!’ Tema ini diusung untuk menyoroti pentingnya mempersiapkan rencana kesiapsiagaan darurat untuk para pengidap penyakit ginjal.

Tema ini dipilih karena peristiwa bencana, seperti gempa bumi, perang, cuaca ekstrem, dan pandemi COVID-19, memberikan dampak yang lebih kepada mereka yang mengidap penyakit kronis, seperti penyakit ginjal. Sulitnya akses, diagnosis, serta perawatan disaat terjadi bencana membuat pengidap penyakit kesulitan mendapatkan akses pelayanan kesehatan.

Setiap 1 dari 10 orang di dunia memiliki masalah kesehatan ginjal. Rendahnya pengetahuan terhadap penyakit ginjal kronis dan keterlambatan deteksi dini menyebabkan jumlah penderita ginjal kronis meningkat. Penyakit ginjal kronis seringkali disebut sebagai silent killer Penyakit Ginjal Kromis (PGK) adalah salah satu penyakit tidak menular oleh 1 dari 10 orang di dunia. PGK tidak dapat diobati dan dapat menyebabkan penderita membutuhkan perawatan seumur hidup. Seiring meningkatnya angka penyakit ginjal, Hari Ginjal Sedunia berperan penting dalam mengedukasi masyarakat dalam upaya pencegahan dan deteksi dini penyakit ginjal. Menurunkan berat badan berlebih dan mencegah terjadinya diabetes, hipertensi dan penyakit jantung akan menurunkan risiko penyakit Para ilmuwan membahas bagaimana agar memelihara ginjal kita tetap SEHAT. Kenapa Ginjal itu harus diperlihara tetap sehat?

Di Indonesia, Penyakit ginjal menjadi penyebab kematian ke-10 di Indonesia dengan jumlah kematian lebih dari 42 ribu pertahun. Itulah mengapa momen ini penting sehingga masyarakat lebih sadar untuk menjaga kesehatan dan terhindar dari penyakit ginjal kronis.
Penyakit ginjal kronis seringkali disebut sebagai silent killer. Karena setiap penderitanya tidak merasakan gejala tertentu, baru sakit ginjal setelah memasuki stadium lanjut. Jika tidak segera ditangani bisa memperburuk kondisi kesehatan bahkan berujung pada kematian.

FUNGSI GINJAL
Ginjal adalah salah satu alat vital tubuh kita yang sangat berperan dalam
1.tempat pembuangan sisa metabolisme tubuh seperti urine
2.tempat penghasilan sel darah
3.tempat meregulasi keseimbangan asam- basa
4.tempat mengatur tekanan darah

Ginjal rusak dalam dunia kedokteran disebut Gagal Ginjal.menyebabkan sisa metabolisma bertumpuk dalam darah yang tidak dikeluarkan menjadi :
1.racun bagi tubuh kita sendiri.(Racun ini akan menimbulkan keluhan mual, muntah, sakit kepala hebat sampai penurunan kesadaran.)
2.Cairan yang tidak bisa keluar dari tubuh akan menyebabkan terjadinya penumpukan cairan di seluruh rongga tubuh sehingga terjadi bengkak dan menimbulkan sesak nafas Bila tidak diatasi segera orang yang mengalami gagal ginjal akan menemui kematian.

Faktor pencetus Gagal Ginjal:
1. Penyumbatan total saluran ginjal oleh batu,
2. Kekurangan cairan pada diare yang tidak diatasi segera
3. Kekurangan darah pada orang luka dan operasi,
4. Infeksi berat serta keracunan obat dan zat kimia tertentu.
5. Tekanan darah tinggi yang tak terkontrol
6. Penyakit Diabetes yang tak terkendali
7. kista ginjal multiple
8. Tumor perut menekan ginjal

Gejala / Tanda Penyakit Gagal Ginjal :
1. nyeri pinggang ( kolik),
2. bengkak pada (mata,kaki )
3. Kencing sakit,
4. demam, sedikit,
5. muka pucat,pusing n loyo

LABORATORIUM PENUNJANG
1. urine dijumpai ada protein,ada eritrosit, lekosit, bakteri
2. Kreatinin naik
3. menHburun
4. Natrium turun, Kalium naik
5. Albumin darah turun
6. mikroalbumin tinggi
7. Asam urat tinggi

PENGOBATAN:
Kendalikan gejala, meminimalkan komplikasi dan memperlambat perkembangan penyakit
Penderita Gagal Ginjal harus mentaati Diet ginjal sbb;
1. Batasi minum air maksimum 2 liter/ hari karena menyebabkan bengkak
2. Hindari memakan semua jenis daging dari binatang berkaki 4 karena menyebabkan kreatinin tambah tinggi,
3. Hindari makan buah2an bila dipotong berobah jadi warna coklat a hitam (seperti apple,pears pisang dll karena mengandung Kalium tinggi berbahaya bagi tubuh)
4. Hindari semua jenis sayuran berwarna hijau a hitam karena mengandung Kalium tinggi
5. Kurangi memakan kacang kacangan karena mengandung asam urat.

Mari jaga kesehatan ginjal dengan menerapkan 7 Golden Rules yaitu :
1. Rutin aktivitas fisik
2. Makan makanan sehat
3. Rutin kontrol gula darah
4. Kontrol tekanan darah
5. Cukupi kebutuhan cairan tubuh
6. Tidak merokok, dan
7. Jangan konsumsi obat pereda nyeri terlalu sering
Kementerian Kesehatan, untuk menghindari penyakit ginjal, perlu diterapkan pola hidup sehat dan berperilaku “CERDIK”, yaitu:
C: Cek atau periksa kesehatan secara berkala
E: Enyahkan asap rokok. Baik perokok pasif maupun perokok aktif sama-sama berisiko untuk mengalami penyakit jantung paru yang dapat menyebabkan beban ginjal yang semakin meningkat
R: Rajin aktivitas fisik. Lakukan olahraga yang terukur dan terjadwal minimal 15 menit per hari atau 90 menit semiggu
D: Diet sehat dengan kalori yang seimbang. Mengonsumsi sumber nutrisi yang seimbang dan membatasi konsumsi makanan instan, tinggi garam, gula dan minyak. Dengan mengatur pola makan juga dapat menjaga berat badan yang ideal.
I: Istirahat yang cukup. Minimal 6-8 jam sehari
K: Kelola stres. Stres yang berlebihan dapat meningkatkan inflamasi yang berlangsung kronik.

Bila penderita Gagal Ginjal yang tidak mematuhi petunjuk pengobatan akan berakhir dengan cuci darah. sekali cuci darah tetap cuci darah harta ludes nyawa melayang! Oleh sebab itu peliharalah ginjal anda secara baik bila ada gejala / keluhan diatas segera berkonsultasi degan dokter anda.
Sekilas info semoga bermanfaat!
RobertoNews1663《8,3 23(07.30)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait