Harjakasi 205, Bupati Karna Berikan Empat Kado Spesial untuk Masyarakat Situbondo

  • Whatsapp
Bupati Situbondo Karna Suswandi saat memberikan sambutannya. (Bet/beritalima.com)

SITUBONDO, beritalima.com – Peringatan Hari Jadi Kabupaten Situbondo (Harjakasi) ke 205 terbilang cukup istimewa.

Bukan hanya karena beragam rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah kabupaten setempat.

Namun, adanya empat kado bagi masyarakat Situbondo dari Bupati Karna Suswandi dan Wabup Nyai Hj. Khoirani. Kado-kado tersebut bahkan diterangkan akan menjadi pengungkit ekonomi Kota Santri.

Bupati Karna Suswandi, dalam acara Haul Akbar para Bupati Situbondo, Senin (14/8/2023) malam, menjabarkan, empat kado istimewa dimaksud yang pertama yaitu terbitnya Hak Atas Kekayaan Intelektual (HaKI) Mangga Arum Merah, di Januari 2023. Disebutnya, ini akan memberikan efek perekonomian luar biasa.

“Karena Mangga ini menjadi mangga premium, di sisi lain mangga ini sudah bisa panen hanya dalam waktu satu tahun tiga bulan,” urainya.

Kemudian kado ke dua, yaitu pada 17 Februari 2023
Menteri Pertanian telah mengeluarkan SK padi BK 01 dan 02 telah diijinkan edarnya.

Ke tiga, kado istimewa yang diberikan yakni rute baru Jangkar-Lembar sebagai aksesibilitas di laut, yang siap untuk dilaunching, Selasa, 15 Agustus 223.

Menariknya, bahwa semula rute Jangkar- Lembar dalam satu minggu hanya dua kali. Namun, informasi terbaru rute Jangkar-Lembar bisa dilakukan setiap hari. Yakni, pada pukul 15.00 WIB berangkat dari Jangkar-Lembar, dan pukul 16.00 WITA dari Lembar-Jangkar.

“Ke depan kita akan kembangkan rute Jangkar-Kupang akan bisa kita realisasikan,” ujarnya.

Dengan beroperasinya rute ini, kata Bung Karna, diharapkan akan bisa mengendalikan truk-truk mcet. Sehingga jika lewat jangkar tak akan macet lagi.

“Kado terakhir adalah alhamdulillah insyaallah besok pagi, saya akan menyerahkan hibah rumah dan tanah pada korban banjir, yang ada di tiga lokasi,” ujarnya.

Ia melanjutkan, sebenarnya ada total 15 lokasi, namun untuk 12 lokasi masih belum bersertifikat

“Kita targetkan tahun depan, seluruh masyarakat yang jadi korban banjir, akan menerima sertifikat secara gratis dari Pemkab Situbondo,” pungkasnya.(*/Bet)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait