Harli A. Karim Dosen Unasman Raih Doktor Kakao di Unhas

  • Whatsapp

MAKASSAR. Universitas Al Asyariah Mandar (UNASMAN) terus meningkatkan kualitas sumber daya dosen. Salah seorang dosennnya itu, Harli A. Karim, berhasil meraih gelar doktor dalam bidang Ilmu Pertanian, konsentrasi tanaman kakao pada Sekolah Pasca Sarjana Universitas Hasanuddin, Selasa (15 Juni 2021).

Gelar Doktor diraih setelah berhasil mempertahankan disertasi dengan judul “Persyaratan Iklim Dan Tanah Untuk Kriteria Kesesuaian Lahan Tanaman Kakao (Theobroma cacao L) Di Provinsi Sulawesi Barat”.

Ujian promosi doktor dilaksanakan di Kampus Unhas Tamalanrea Makassar. Di hadapan penguji Harli mengatakan selain hama dan penyakit, salah satu permasalahan rendahnya produktivitas tanaman kakao selama ini adalah tingkat kesesuaian lahan yang tidak sesuai.

Produktivitas tanaman kakao saat ini masih berkisar 700-800 kg/ha/tahun. Produktivitas tersebut menurut Harli masih sangat jauh dari produktivitas optimum yang mampu mencapai 2000-3000 kg/ha/tahun.

Selain itu menurut Harli, permasalahan lain adalah kakao termasuk tanaman yang mengalami dampak negatif perubahan iklim. Oleh karena itu, untuk tetap bertahan dalam kondisi iklim yang berubah, diperlukan antisipasi, adaftasi dan mitigasi.

Output Disertasi ini diharapkan menjadi pembanding pihak terkait dalam pengembangan dan mengembalikan kejayaan perkakaoan di Indonesia pada umumnya dan Provinsi Sulawesi Barat khususnya.

Ujian dilakukan secara online dan ofline. Online dilakukan melalui aplikasi zoom dan live youtube. Hadir para penguji antara lain antara lain : Prof. Sumbangan Baja, M.Phil. PhD. (Wakil Rektor II Unhas), Dr. Rusnadi Padjung, PhD., (Sekretaris LPMPP Unhas), Prof. Dr. Ir. Kaimuddin, MS (Dekan Fapertahut Unsulbar), Prof. Dr. Ir. Nasaruddin, MS (Pakar Kakao Unhas), Dr. Ir. Ahdin Gassa, M.Sc (Pakar Hama dan Penyakit Kakao Unhas, Dr. Ir. Rismaneswati, SP. MP (Pakar Ilmu Tanah Unhas) dan Peguji Eksternal Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Sulawesi Selatan (Dr. Ir. Andi Ardin Tjatjo, MP).

Keberhasilan menambah jajaran dosen berkualifikasi Doktor adalah tekad Unasman Sulbar tetap mempertahankan diri sebagai Perguruan Tinggi terbesar di Sulawesi Barat.

Menurut Rektor Unasman Dr. Hj. Chuduriah Sahabuddin, MSi saat ini beberapa dosen Unasman tengah melanjutkan pendidikan doktor di berbagai perguruan tinggi terkemuka di Indonesia antara lain UI, Unhas, IPB, UNM dan UIN Alauddin.

Menurut Chuduriah “ peningkatan kualifikasi dosen Unasman akan terus dilakukan di masa-masa yang akan datang”. Hal ini dilakukan menurut Chuduriah sebagai tanggung jawab Unasman dalam meningkatkan SDM khususnya di Sulawesi Barat. Saat ini Unasman telah mendapat Sertifikat Akreditasi Sangat Baik (B) dari BAN-PT Republik Indonesia.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait