Hati-Hati, Jumlah Perjalanan KA Meningkat di Masa Angkutan Lebaran

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Di masa angkutan lebaran 2023, mulai 14 April sampai 3 Mei 2023, KAI Daop 8 Surabaya juga mengoperasikan 9 KA tambahan. Jadi, total perjalanan KA di Daop 8 selama 22 hari itu menjadi 49 perjalanan KA. Ini tentu perlu mendapat perhatian lebih dari masyarakat ketika melintas di perlintasan sebidang.

KAI Daop 8 Surabaya sendiri, dalam upayanya meminimalisir kecelakaan di perlintasan sebidang, bersama Komunitas Railfans telah melakukan kegiatan sosialisasi tentang keselamatan di perlintasan sebidang dan juga bahaya beraktifitas di sekitar jalur KA

Sosialisasi itu dilakukan secara rutin terutama pada bulan puasa dan menjelang angkutan Lebaran seperti Jumat (7/4/2023). Mereka beraksi membentangkan spanduk himbauan di perlintasan sebidang maupun berjalan kaki menyusuri jalur KA untuk mengingatkan masyarakat agar tidak beraktifitas di sekitar jalur KA.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan, kegiatan ini difokuskan untuk menjaga keselamatan perjalanan KA dari aktifitas masyarakat yang masih melakukan kegiatan di sekitaran jalur KA dan kesadaran dalam berlalulintas.

“Terutama pada waktu bulan Ramadhan, masih ditemui masyarakat yang melakukan ngabuburit di jalur KA maupun pengendara yang buru-buru saat akan melintasi perlintasan sebidang,” terangnya, Jumat (7/4/2023).

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, KAI Daop 8 dan Komunitas Railfans selain sosialisasi juga menegur dan mengingatkan pada masyarakat dan pengendara yang akan melintasi maupun beraktifitas di jalur KA. Masyarakat diharapkan mengerti bahwa jalur KA merupakan area steril yang tertutup untuk umum.

Luqman Arif menambahkan, cara menyampaikan pesan dengan membawa sebuah poster yang berisi materi dilarang beraktivitas di atas rel, dilarang membuang sampah maupun menaruh barang pada jalur kereta api, larangan pelemparan terhadap KA, dan patuhi rambu lalulintas saat akan melewati jalur KA.

“Kami harap dengan seringnya kegiatan sosialisasi ini masyarakat semakin sadar tentang bahaya dalam melakukan aktifitas di sekitar jalur KA. Selain membahayakan diri sendiri, juga membahayakan perjalanan KA,” pungkas Luqman Arif.

Dalam kesempatan ini Luqman juga menyampaikan bahwa okupansi pemesanan tiket KA jarak jauh di Daop 8 Surabaya pada masa Angkutan Lebaran 1444H pada periode 14 April sampai 3 Mei 2023 telah terjual 401.400 tiket atau sekitar 64% dari jumlah tiket yang disediakan sebanyak 614.695 tiket.

Disebutkan, relasi favorit pemesanan tiket tersebut yakni Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Semarang, Jember, Banyuwangi, dan lainnya. KA yang masuk 5 Besar dalam okupansi yang telah dipesan itu KA Airlangga relasi Surabaya Pasarturi – Pasarsenen PP, KA Pasundan relasi Surabaya Gubeng – Kiaracondong PP, KA Sritanjung relasi Surabaya Gubeng tujuan Ketapang dan Lempuyangan PP, KA Gumarang relasi Surabaya Pasarturi – Pasarsenen PP, dan KA Matarmaja relasi Malang – Pasarsenen PP.

Tanggal keberangkatan KA yang menjadi favorit dipesan diantaranya pada 20 April 2023 sebanyak 94%, pada 19 April 2023 sejumlah 82%, dan pada 21 April 2023 sebanyak 72%. Sedangkan untuk tanggal pemesanan tiket KA setelah Lebaran, terbanyak pada 25 April 2023 sebanyak 94%, pada 26 April 2023 sejumlah 90%, dan pada 24 April 2023 sudah 85%.

Selama masa Angkutan Lebaran Tahun 2023, setiap hari KAI Daop 8 Surabaya menyediakan 27.510 tiket jarak jauh. Terdiri dari 21.900 tiket KA reguler dan 5.610 KA tambahan.

KAI berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik karena tiket KA masa Angkutan Lebaran masih cukup banyak tersedia. Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi KAI Access yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan. (Gan)

Teks Foto: KAI Daop 8 Surabaya bersama Komunitas Railfans sosialisasi keselamatan di perlintasan sebidang, Jumat (7/4/2023)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait