Hebat! Produk Inovasi Keripik Jahe SMAN 12 Maros Jadi Program “One School One Inovation”

  • Whatsapp

Citizen Reporter
Muhammad Haris
Kasi Pembinaan SMA Cabdisdik Wilayah I
Melaporkan dari Maros

MAKASSAR. KEPALA Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdisdik) Wilayah I, Hj Bagyang, SPd, MM hari ini Senin (19/10) bertandang ke SMAN 12 (Cenrana) Maros untuk menyaksikan secara langsung proses pembuatan keripik jahe di sekolah yang beralamat di daerah Kecamatan Cenrana ini.

Dalam Kunjungan ke SMAN 12 Maros kali ini Kacabdisdik Wilayah I didampingi Kasubag TU Artati, S.H., MH, Kasi Pembinaan SMA Haris, S.Kom, MM, dan Kasi Pembinaan SMK Amrang, SPd, MM serta beberapa staf Cabdisdik Wilayah I.

Hj Bagyang saat menyaksikan demo pembuatan keripik jahe oleh siswa ini menyampaikan apresiasinya kepada kepala sekolah, guru pembimbing dan seluruh warga sekolah serta siswa atas adanya program inovasi sekolah ini.

Menurut Mantan Kasi Pembinaan SMA Cabdisdik Bone dan Sinjai ini, produk keripik jahe adalah salah satu inovasi di SMAN 12 Maros ini yang sejalan dengan program yang diluncurkan oleh Disdik Sulsel yaitu satu sekolah satu inovasi atau “One School One Inovation”.

Dia berharap produk keripik jahe SMAN 12 Maros ini dapat diminati masyarakat dan terjamin kehalalannya dan memenuhi unsur kesehatan. Olehnya itu, ia meminta kepada Kepsek untuk berkoordinasi dengan pihak terkait untuk legalitas produk inovasi ini supaya bisa dipasarkan ke masyarakat umum.

Sementara Kepala SMAN 12 Maros Muhammad Amin, S.Ag, M.Pdi pada kesempatan itu menjelaskan bahwa pembuaatan keripik jahe ini merupakan produk Inovasi sekolah dan menjadi ciri khas Kecamatan Cenrana Kabupaten Maros sebagai daerah penghasil jahe.

Untuk saat ini, katanya, pemasaran keripik jahe ini masih untuk konsumsi kalangan warga sekolah, dan dia berharap dan berupaya nantinya setelah ada legalitas dari unsur terkait, masalah pemasarannya dapat merambah keluar kepada orangtua siswa, warga sekitar sekolah, dan sampai ke masyarakat umum dan menjadi ole-ole khas dari Maros nantinya.

Di hadapan Kacabdisdik Wilayah I, mantan Qori Terbaik Maros ini, menyampaikan bahwa seluruh program dan kegiatan sekolah mendapat dukungan dan support dari Ketua Komite Andi Umar, S.Sos.

“Komite di SMAN 12 ini selalu mensupport seluruh kegiatan dan program sekolah, terutama program yang tidak memiliki pendanaan dari pemerintah termasuk pembuatan selasar di halaman sekolah dan perbaikan sarana sekolah lainnya,” katanya sembari memberikan apresiasi kepada pengurus komitenya.

Pada kunjungannya ke SMAN 12 Maros, Kacbdisdik Wilayah I juga melakukan peletkan batu pertama pembangunan 1 unit toilet bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2O20.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait