beritalima.com

Hujan Deras, Desak Pemerintah Malut Perbaiki Jalan Dofa – Fakabisahaya

  • Whatsapp

KEPULAUAN SULA,beritaLima,com – Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur Desa Dofa, Desa Lekokadai dan Desa Lekosula di kecamatan mangoli barat dan Desa Falabisahaya, Kecamatan Mangoli Utara, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), Provinsi Maluku Utara (Malut) memicu terjadinya banjir.

beritalima.com

Pengemudi kendaraan roda dua maupun roda empat harus bekerja ekstra agar bisa melewati jalur tersebut. Selain genangan air kondisi jalan juga dalam kondisi rusak. Sepasang manula Kakek Labiru (89) dengan istrinya Wa Ramu (78) yang pulang dari ladang nampak kesulitan menembus banjir.

Beruntung anggota Polisi yang baru pulang dari tugas, Briptu Riski Candra Ruslan tanpa sungkan bertindak cepat membantu warga kampung Lekokadai yang berjarak sekitar 3 km itu,

Menurut Kekek Labiru jalan tersebut sudah lama rusak, akan tetapi Pemerintah Provinsi Maluku Utara tidak menghiraukan, sehingga ketika musim hujan kondisi jalan banjir dan tambah berlumpur dan licin.

“Waktu yang dibutuhkan untuk melewati Jalan di Desa Dofa, Kecamatan Mangoli Barat dan Desa Fabisahaya, Kecamatan Mangoli Utara yang jaraknya 22 kilometer menjadi lama, karena para pengendara bermotor, maupun jalan kaki harus ekstra hati-hati karena banyaknya lubang dan batu tajam jalan ini, ” ungkap Kakek Labiru.

“Kami berharap pemerintah Provinsi Maluku Utata segera mengaspal Jalan Dofa – Falabisahaya, sehingga transportasi semakin lancar, dan masyarakat yang ingin membawa hasil pertanian mereka menjadi lancar,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Lokosula, Amrin La Ode Meko Arham (47) saat diwawancari wartawan, Minggu (05/07/20)
berharap, Pemerintah Provinsi Maluku Utara segera membangun akses jalan penghubung di dua kecamatan ini, kemudian jalan dari Desa Dofa, Kecamatan Mangoli Barat dan Desa Fabisahaya, Kecamatan Mangoli Utara yang jaraknya 22 kilometer.

“Karena dampak jalan yang sudah rusak di dua kecamatan ini, maka biaya transportasi menjadi mahal, maka harga kebutuhan pokok pasti lebih mahal dibanding kecamatan lainnya yang akses jalannya sudah terhubung dengan baik,” kata Amrin.[DN]

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait