HUT ke-26 Kab. Puncak Jaya, Wujud Stablitas Keamanan Wilayah

  • Whatsapp

Puncak Jaya- Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya Papua bersama masyarakat memperingati HUT ke-26 sekaligus memperingati 5 tahun masa jabatan Bupati Puncak Jaya, Yuni Wonda di Lapangan Amanah, Distrik Pagaleme (3/12).

Hadir dalam acara tersebut yakni Pj Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk serta Anggota Komisi II DPR RI Dapil Papua, Komarudin Watubun. Disamping itu juga terdapat Dr. Yuni Wonda, S.Sos., S.IP., M.M. (Bupati Puncak Jaya), Meki Nawipa (Bupati Paniai), Mesak Magai S.Sos. M.Si (Bupati Nabire) serta Willem Wandik S.E, M.Si (Bupati Puncak).

Kunjungan Ribka Haluk ke wilayah Kabupaten Puncak Jaya ini merupakan kali pertama sejak dirinya ditunjuk sebagai Pj Gubernur Papua Tengah. Ribka mengungkapkan bahwa acara bakar batu ini mencerminkan etalase perdamaian di tanah Papua, hal tersebut tercermin dari sinergitas masyarakat asli dengan pendatang.

Ribka Haluk juga menegaskan bahwa kondusivitas wilayah yang terbangun di Kabupaten Puncak Jaya patut diapresiasi dengan segala tantangan dan dinamika yang ada.

“Puncak Jaya sudah menjadi barometer dalam pembangunan di Papua, dengan dinamika politik, dinamika pembangunan dan dinamika sosial yang terjadi, dengan keterbatasan sumber daya dan segala tantangan yang ada Puncak Jaya masih terus berdiri kokoh” ujar Ribka Haluk.

Selanjutnya, pihaknya belum dapat menyampaikan terkait progres program kerja sebagai Pj Gubernur karena baru dilantik. Kedepan diharapkan seluruh wilayah Papua dapat menciptakan kedamaian bagi seluruh masyarakatnya.

“Kami baru dua bulan setelah diberikan kepercayaan menjadi Pejabat Gubernur provinsi Papua tengah maka kami belum bisa menyampaikan secara rinci program kerja kami” ungkapnya.

Dirinya juga menyebut bahwa pemekaran provinsi di Papua ini khususnya Papua Tengah yang terdiri dari 8 Kabupaten merupakan tanda bahwa pemerintah Papua sudah dewasa.

“Di dalam dinamika pemerintahan Papua hari ini, yang sudah menjadi beberapa provinsi, khususnya kami di Provinsi Papua Tengah yang terdiri dari delapan Kabupaten merupakan cerminan bahwa pemerintah Papua sudah dewasa” pungkasnya.

Partisipasi masyarakat untuk ikut serta mengikuti kegiatan acara ini cukup antusias. Hal itu terpantau dengan banyaknya masyarakat yang hadir di Lapangan Amanah berjumlah sekitar 1700 orang.

Acara bakar batu juga  ini sekaligus memperingati berakhirnya masa jabatan Yuni Wonda sebagai Bupati Puncak Jaya, yang akan berakhir pada 7 Desember mendatang. Yuni Wonda mengucapkan rasa terimakasihnya kepada warga yang membantunya menciptakan kedamaian di Puncak Jaya.

“Terimakasih selama saya menjabat Kabupaten Puncak Jaya sudah aman terkendali, saya titipkan Puncak Jaya agar selalu damai,” ungkap Bupati Puncak Jaya, Yuni Wonda.

Kegiatan tersebut juga merupakan bagian dari rangkaian perayaaan Natal dan Tahun Baru 2023 di wilayah Kabupaten Puncak Jaya. Kegiatan sendiri berlangsung aman dan kondusif.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait