ICMI Wonosobo Gelar Mudzakarah Pemberdayaan Teknologi Sanitasi Ponpes

  • Whatsapp

WONOSOBO beritalima.com | Selasa siang tadi ( 14/11/2023) Pemkab Wonosobo melalui Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) mengadakan Mudzakarah atau diskusi membahas Pemberdayaan Teknologi Sanitasi Ponpes di Pondok Pesantren Ma’had Qur’an Kalibeber.

Menurut Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat pondok pesantren merupakan pusat pendidikan, dakwah dan pemberdayaan masyarakat dan memiliki peran penting dalam pembangunan khususnya di Wonosobo.

“Saya berharap acara ini menjadi forum bersilahturahmi dan diskusi bertukar pikiran dalam bersinergi membangun kabupaten Wonosobo lebih baik,” ujar Afif Nurhidayat.

Selain itu, momentum mudzakarah ini dapat dimanfaatkan dalam meningkatkan kesadaran dan komitmen untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.

“Adanya sanitasi lingkungan yang bersih tentunya sangat berdampak terhadap kesehatan dan kenyamanan pesantren,” lanjut Afif.

Tak beda jauh disampaikan Ketua ICMI Orda Wonosobo Samsul Munir Amin bahwa acara tersebut merupakan ajang saling tukar pengalaman best practise terhadap penerapan tekhnologi sanitasi di masing-masing Ponpes.

“Melalui penerapan teknologi sanitasi yang baik, saya yakin selain menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat juga dapat memberdayakan santri sebagai agen perubahan dalam masyarakat,” katanya.

Ia memaparkan mudzakarah tersebut membahas mengenai sanitasi seperti akses air bersih, pengelolaan air limbah dan pengelolaan sampah. (Edi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait