IIFEX 2023 Surabaya Dipadati Pengunjung Dalam dan Luar Negeri

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Indonesia International Food Expo (IIFEX) 2023 di Grand City Surabaya, begitu dibuka Kamis (15/6/2023), langsung dibanjiri pengunjung. Di antara mereka tidak sedikit yang datang dari berbagai negara luar Indonesia.

Peserta pameran akbar ini berasal dari dalam maupun luar negeri. Ada tujuh negara terlibat dalam IIFEX 2023 ini. Selain Indonesia, ada Malaysia, Korea, China, Jepang, Singapore, Italia dan Taiwan.

Ratusan tenant industri dan teknologi makanan minuman, perlengkapan hingga bahan membuat kue ikut meramaikan pameran yang akan berlangsung sampai Minggu (18/6/2023). Mulai produk pabrikan sampai UMKM. Total ada 250 peserta dari tujuh negara tersebut.

Sementara 30 UMKM dari Jatim turut bergabung memajang aneka produk unggulan. Pameran ini sekaligus mempertemukan mereka dengan potensial buyer. Selain itu, IIFEX 2023 Surabaya ini juga terintegrasi dengan berbagai pameran pendukung seperti Indonesia Lisensing Expo dan East Pack.

Indonesia Licensing Expo 2023 merupakan pameran lisensi, waralaba, kemitraan, dan peluang usaha Indonesia dan EastPack Surabaya 2023 adalah pameran Internasional di bidang industri teknologi pangan, farmasi dan pengemasan.

IIFEX 2023 Surabaya ini dibuka oleh CEO PT Krista Media Pratama Krista Exhibition Daud D Salim, bersama Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur Iwan, Ketua DPP Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Jawa Timur, Eddy Widjanarko dan Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Lisensi Indonesia (ASENSI) Susanty Widjaya.

Selain mereka juga hadir Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Timur Dwi Cahyono dan Wakil Ketua Bidang Kerjasama Luar Negeri Gabungan Produsen Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI) Iwan Winardi.

Daud D Salim mengatakan, pameran industri makanan minuman besutan Krista Exhibition ini sudah memasuki tahun ke-17. “Pameran berskala internasional di Surabaya merupakan kali kedua setelah pandemi covid,” ungkap Daud.

Ia optimistis target 22 ribu pengunjung selama empat hari pameran akan tercapai. Artinya, per hari sekitar 5 ribu pengunjung. Terbukti, area pameran sudah padat sejak pagi.

Daud mengatakan, pada tahun 2022 lalu pengunjung pameran IIFEX sekitar 16.000 orang. Mereka selain Indonesia juga berasal dari 6 negara luar, yaitu Malaysia, Singapore, India, United States, Pakistan dan Nigeria.

Jumlah peserta pameran tahun ini juga meningkat hingga 40 persen jika dibandingkan tahun 2022 dan prediksi perputaran transaksi mencapai Rp150 miliar per hari.

“Tahun ini ada peningkatan 35 persen sampai 40 persen peserta. Animo masyarakat kepada industri makanan minuman meningkat. Terutama di Surabaya inovasi makanan lokal luar biasa. Kita tidak boleh kalah dengan negara tetangga di Asia Tenggara seperti Jepang. Merek sudah menyediakan makanan ready to cook,” ujarnya.

Wakil Ketua Bidang Kerjasama Luar Negeri Gabungan Produsen Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI) Iwan Winardi pada kesempatan yang sama turut mengapresiasi terselenggaranya acara ini karena respon publik sangat tinggi.

“Terima kasih Krista Media sudah membuat inspirasi untuk food business. Kami membuat acara bersama Krista untuk pemberdayaan UMKM juga,” ucap Iwan Winardi.

Ia menambahkan, pada hari ini banyak inovasi kemasan dan packaging untuk mengelola makanan, sayur dan ikan beku sebagai bagian dari national food security.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Lisensi Indonesia (ASENSI) Susanty Widjaya dalam momen ini juga menyampaikan hal senada. Susanty bersyukur pertumbuhan ekonomi Indonesia naik 5,03 persen. Sementara inflasi global naik 104,3 persen. Namun, inflasi di Indonesia malah turun. Terutama untuk industri makanan. Sedangkan industri lisensi naik sebesar 5 persen.

Ia menjelaskan, jika tahun ini adalah tahun merek. Karena, terjadi peningkatan pertumbuhan merek lokal di Indonesia. Saat pandemi lalu total hanya 77 ribu merek lokal terdaftar. Akan tetapi tahun ini melonjak drastis.

“Kami sangat bersyukur dan bangga karena pertumbuhan merek lokal tahun ini juga naik hingga mencapai lebih dari 1 juta merek terdaftar. Artinya, masyarakat Indonesia sudah sangat aware produk dalam negeri, bangga produk lokal dan bangga buatan Indonesia,” ujar Susanty.

Ia juga mendorong kepada para pengusaha agar tahun 2023 menjadi tahun kebangkitan. Sukses di tingkat domestik maupun internasional. “Kita sukseskan bersama IIFEX, Indonesia Licensing Expo 2023 dan EastPack,” ujarnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur Iwan berharap IIFEX 2023 dapat mendorong pertumbuhan UMKM di Jatim. Iwan menuturkan, acara ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan UMKM di Jatim.

“Alhamdulillah pertumbuhan ekonomi di Jatim sangat progresif. Di tahun 2022 berada di angka 5,34 persen. Ini tentunya pertumbuhan di atas rata-rata nasional,” kata Iwan. Sedangkan Triwulan I 2023 ekonomi Jatim tumbuh progresif di angka 4,95 persen.

Indonesia International Food Exhibition 2023 atau IIFEX 2023 menampilkan proses produk, bahan baku, peralatan, jasa dan teknologi dalam industri makanan, minuman, bakery, horeca, jasa boga, ritel dan waralaba, lisensi dan waralaba.

Kemudian juga ada kopi, buah segar, cocoa, produk pertanian, produk makanan kesehatan halal, organik dan alami. Makanan beku, makanan laut ikan dan produk daging serta berbagai teknologi terbaru dan produk-produk unggulan.

Seperti bakery & pastry, equipment, beverage, manufacturing machine, catering equipment supplies & services, food manufacturing & processing machinery, food product, material processing machine, packing related equipment, fishery product dan material pendukungnya. Selain itu juga ada pelatihan dari chef internasional.

Pameran Indonesia International Food Exhibition (IIFEX), Indonesia Licensing Expo dan EastPack Surabaya 2023 ini terbuka bagi para pelaku bisnis dan masyarakat umum, mulai dari pukul 10.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB. (Gan)

Teks Foto: CEO PT Krista Media Pratama Krista Exhibition Daud D Salim (kiri) di sela pembukaan IIFEX 2023 di Grand City Surabaya, Kamis (15/6/2023).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait