Ini Pesan Prof Lincolin Saat Melantik Pengurus AFEB PTMA Periode 2021-2025

  • Whatsapp

MAKASSAR. Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiah (AFEB PTMA) periode 2021-2025 resmi dilantik kepengurusannya oleh Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Prof. Dr. Lincolin Arsyad, M.Sc

Prosesi pelantikan secara online Sabtu 24 April 2021, diikuti oleh seluruh pengurus dan anggota AFEB PTMA se Indonesia.

Pengurus inti yang dilantik adalah Rizal Yaya, SE, M.Sc., Ph.D., Ak., CA, CP, CRP. (UM Yogyakarta) Sebagai Ketua didampingi oleh Ismail Rasulong, SE, MM (Unismuh Makassar) selaku Sekretaris, dan Dr.NaelaTubastuvi, SE, M.Si. (UM Purwokerto) sebagai Bendahara.

AFEB PTMA adalah asosiasi yang menghimpun seluruh Fakultas Ekonomi dan Bisnis, STIE, dan Institut Bisnis yang ada di bawah naungan Persyarikatan Muhammadiyah dan Aisyiah. Jumlah anggota AFEB ada sebanyak 54 PTMA yang menaungi 144 program studi.

Prof. Lincolin Arsyad dalam amanahnya menyampaikan kegembiraannya atas perkembangan AFEB selama kepengurusan 2017-2021 dipimpin Dr.Mukhaer Pakkanna, M.Si., sekaligus menitipkan harapan agar dalam kepengurusan yang baru harus jauh lebih berkembang kedepan.

Disamping itu beliau juga mendorong agar AFEB PTMA harus memperkuat Kerjasama antar PTMA maupun secara eksternal dengan berbagai institusi yang berkait dengan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

” Saya sangat mendorong agar diperkuat kerjasama internal dan eksternal, aktif mengkaji isu-isu ilmiah yang aktual, penyesuaian kurikulum dapat menjawab tantangan zaman, dan meningkatkan kualitas publikasi ilmiah pada jurnal bereputasi” demikian ungkap Guru Besar Universitas Gajah Mada tersebut.

Ketua AFEB PTMA periode 2017-2021, Dr.Muhkaer Pakkanna, M.Si.dalam pidato wadhanya menyampaikan lima hal yaitu menjadikan PTMA sebagai tempat penanaman idiologisasi al
islam dan Kemuhammadiyahan, penguatan tata kelolah PTMA melalui program berkelanjutan, penguatan sinergitas internal dan eksternal, menjadikan AFEB PTMA sebagai centre of exchellenge untuk memberikan kemanfaatan yang luas bagi seluruh masyarakat, dan menjadikan AFEB PTMA sebagai kekuatan dakwah.

Kita harus bisa menjadikan asosiasi ini sebagai pusat pengembangan IPTEK, pusat pengembangan kegiatan riset, dan sekaligus memastikan dapat memberikan kontribusi pemikiran dalam bidang ekonomi dan bisnis bagi persyarikatan Muhammadiyah dan tentu saja bagi kemajuan Indonesia” kata Mukhaer, yang juga Rektor ITB Ahmad Dahlan Jakarta.

Dalam pidato iftitahnya, ketua AFEB PTMA periode 2021-2025, Rizal Yaya, M.Sc., Ph.D, Ak. CA, CPA, CRP menyampaikan potret terkini anggota AFEB mulai dari peringkat
akreditasi prodi, akreditasi jurnal ilmiah
anggota AFEB, publikasi dosen-dosen pada jurnal bereputasi internasional,
Kerjasama internasional, penerapan
kurikulum outcome-based education, penerapan kurikulum MBKM, penerapan kurikulum Al Islam dan Kemuhammadiyah, dan pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat melalui pendampingan desa.

“Alhamdulillah, data-data awal yang kami sajikan menjadi baseline yang akan dijadikan sebagai acuan mengembangkan AFEB PTMA secara bersama ke depan, kita juga saat ini sudah menjalin kerjasama dengan Unilever dalam program kewirausahaan dan dengan Bumdes.id dalam kegiatan pengabdian pendampingan Bumdes” tutup Rizal yang juga adalah Dekan FEB UM Yogyakarta ini. (ulla/yahya)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait