Inilah Deretan Pemenang EJAVEC Call for Paper 2023

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur usai gelar Conference & Winner Announcement kegiatan East Java Economic (EJAVEC) 2023 ke-10, Rabu (26/7/2023).

Conference yang merupakan puncak acara EJAVEC Forum 2023 ini dihadiri Ketua ISEI Cabang Surabaya Koordinator Jawa Timur, Kepala Otoritas Jasa Keuangan, Kepala Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Jawa Timur, Wakil Dekan 1 Universitas Airlangga, dan Rektor Perbanas Hayam Wuruk.

Acara yang digelar di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur ini dihadiri keynote speech Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti dan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak lewat teleconference.

Acara yang disertai dengan pembahasan tentang perkembangan, outlook, dan tantangan ekonomi, serta manajemen krisis ekonomi guna mendukung resiliensi ini menghadirkan narasumber Staff Khusus Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Reza Siregar Ph.D dan Prof. Iwan Jaya Azis selaku Profesor Cornell University USA dan Research Scholar BI Institute.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Doddy Zulverdi, mengatakan, penyelenggaraan EJAVEC 2023 bersama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga serta ISEI Cabang Surabaya Koordinator Jawa Timur ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan tentang perekonomian Jawa Timur.

Selain itu, juga untuk membangun ekosistem ilmiah yang mendukung kebijakan berbasis keilmuan (research based policy), sekaligus menggali solusi kreatif untuk mengatasi berbagai kendala yang ada di Jawa Timur.

Salah satu rangkaian kegiatan ini adalah EJAVEC Call for Paper 2023 yang telah menjaring 120 full paper dari dalam maupun dari luar negeri seperti dari Arab, Jepang dan Malaysia. Karena itu, EJAVEC sudah bukan lagi forum berskala regional, tapi sudah level up menjadi berskala internasional, sebagaimana dikemukakan Wakil Dekan I FEB Universitas Airlangga Dr. Wisnu Wibowo.

Dari 120 full paper itu oleh 9 dewan juri yang kompeten dalam bidangnya, yaitu Vid Adrison Ph.D, Dr Sahara, Fiskara Indawan, Dr Telisa Aulia Falianty, Dr.rer.pol Deniey Adi Purwanto SE MSE​, Ginanjar Utama, Tri Haryanto Ph.D, Nugroho Suryo Bintoro SE M.Ec.Dev Ph.D, dan Yayat Cadarajat, dikerucutkan menjadi 19 finalis terbaik.

Disebutkan, beberapa sumbangan pemikiran dari 19 finalis paper antara lain strategi mendorong implementasi green economy untuk mendukung ketahanan ekonomi Jawa Timur yang berkelanjutan dan inklusif, strategi penguatan nilai tambah sektor pertanian dan manufaktur untuk memperkuat ketahanan ekonomi Jawa Timur, dan strategi mendorong digitalisasi ekonomi untuk mendukung efisiensi ekonomi Jawa Timur.

Disebutkan, beberapa finalis juga telah melakukan pengembangan simulasi model untuk melihat dampak kebijakan. Keseluruhan hasil pemikiran 19 finalis ini diharapkan dapat berkontribusi signifikan untuk mendorong resiliensi perekonomian Jawa Timur di masa mendatang.

Pemenang EJAVEC Call for Paper 2023 ini terbagi tiga kategori, yakni Kategori General Paper Peserta Umum, Kategori General Paper Peserta Mahasiswa, dan Kategori Regional Economic Modelling Paper.

Untuk Kategori General Paper Peserta Umum, Juara I Rizky Zulkarnain, Juara II Eko Putra Wahyuddin serta Wahidya Nurkarim, dan Juara III Rizaldi Yusfiarto, Ahmad Febriyanto, dan Rifaatul Indana.

Kemudian untuk Kategori General Paper Peserta Mahasiswa, Juara I Thabed Tholib, Juara II Annes Nisrina Khoirunnisa, Moh. Shadam Taqiyyuddin Azka serta Nanik Shofiatin, dan Juara III Giacinta Betralda Anin Pradita, Hans Mangatur Pakpahan, dan Raihan Mufid Rufiano.

Sedangkan untuk Kategori Regional Economic Modelling Paper, Juara I Taly Purwa, Ni made Inna Dariwardani dan Diyang Gita Cendekia, Juara II Ayesha Tantriana dan Suryo Adi Rakhmawan, serta Juara III Firman Afrianto dan Annisa Dira Hariyanto.

Paper-paper terbaik itu nantinya dapat diakses dalam website EJAVEC Journal dengan tautan https://ejavec.id/index.php/ejavec. EJAVEC Forum telah berakreditasi ISSN sejak 2017 untuk versi print-out dan pada tahun 2022 telah memperoleh akreditasi ISSN untuk jurnal versi online.

Doddy pun menyampaikan, untuk semakin menunjang kredibilitas paper yang dihasilkan, saat ini EJAVEC Journal sedang melalui proses akreditasi Science and Technology Index (SINTA) yang ditargetkan diperoleh tahun 2024 mendatang.

Rangkaian kegiatan EJAVEC 2023 ini diharapkan dapat semakin mempererat sinergi dan kolaborasi riset baik dengan Pemerintah, Akademisi/Perguruan Tinggi, Industri/Pelaku Usaha, Media, maupun Komunitas/Asiosiasi, dan dapat terus memberikan kontribusi terbaik dalam membangun perekonomian Jawa Timur dan nasional. (Gan)

Teks Foto: Kepala KPw BI Jawa Timur Doddy Zulverdi bersama Juara I EJAVEC Call for Paper 2023 Kategori Regional Economic Modelling.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait