Inilah Puskesmas Depok yang Melayani Jarum Alat Suntik Steril untuk Cegah HIV/AIDS

  • Whatsapp

DEPOK,Beritalima.com | Pemkot Depok menghadirkan layanan pemeriksaan HIV di sejumlah Puskesmas Depok secara gratis. Inilah Puskemas Depok yang melayani Layanan Jarum Alat Suntik Steril (LJASS).

Kepala Dinkes Kota Depok, Novarita, mengatakan, sejumlah Puskesmas Depok yang melayani jarum alat suntik steril di antaranya adalah di UPTD Puskesmas Sukmajaya, dan UPTD Puskesmas Pancoran Mas.

Kemudian UPTD Puskesmas Kemiri Muka, dan UPTD Puskesmas Rangkapan Jaya.

Novarita menambahkan bahwa Pemkot Depok juga menyediakan layanan pemeriksaan human immunodeficiency virus (HIV) di semua puskesmas di Depok.

Layanan ini guna memberikan penanganan yang tepat dan cepat terhadap mereka yang terindikasi HIV.

“Layanan pemeriksaan HIV secara gratis. Masyarakat dapat melakukan pemeriksaan di Puskesmas setempat,” kata Novarita saat dihubungi Beritalima.com Jumat (4/12/2020).

Dalam pelayanan HIV ini, lanjut Novarita, pihaknya menyediakan beberapa layanan pemeriksaan di tiap puskesmas.

Di antaranya adalah layanan tes Komprehensif Terpadu (KT), layanan Infeksi Menular Seksual (IMS), dan Tes Inisiatif Petugas Kesehatan (TIPK) yang berada di 35 Puskesmas.

Selain itu, ada juga layanan satelit Anti Retroviral Therapy (ART) di Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Pancoran Mas, UPTD Puskesmas Cipayung, dan UPTD Puskesmas Cimanggis.

Kemudian, layanan Pusat Terapi Rumatan Methadon (PTRM) di UPTD Puskesmas Sukmajaya.

“Juga tersedia layanan tes Pencegahan Penularan Ibu dan Anak (PPIA) di UPTD Puskesmas Pancoran Mas,” ujarnya.

Rusdi/Abdul Azis,Beritalima.com

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait