IZI Gandeng PWI Bondowoso, Bagikan Paket Sembako Pada Kaum Duafa dan Janda Tua

  • Whatsapp
Penyerahan paket sembako secara simbolik diberikan kepada janda tua oleh perwakilan IZI serta PWI Bondowoso. (Rois/beritalima.com)

BONDOWOSO, beritalima.com – Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Jawa Timur, menggandeng Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bondowoso, membagikan puluhan paket Ramadhan kepada puluhan dhuafa dan janda tua.

Bantuan tersebut menyasar sejumlah warga kurang beruntung secara ekonomi di Desa Jeruk Soksok, Kecamatan Binakal, Kabupaten Bondowoso, Sabtu (24/4/2021).

Bacaan Lainnya

Total ada 40 penerima. Sengaja IZI dan PWI mengarahkan bantuan ke Desa Jeruk Soksok, karena di sana masih masuk kategori desa tertinggal.

Ketua IZI Jawa Timur, Helmy Bachtiar A mengatakan, pembagian paket Ramadhan tersebut sudah dilakukan di beberapa kabupaten lain, seperti Jember dan sebagainya.

“Paket Ramadhan isinya sembako, seperti beras, gula, minyak, sirup untuk kebutuhan berbuka puasa, dan beberapa pangan lainnya,” paparnya saat dikonfirmasi.

Menurutnya, Bulan Suci Ramadan tahun 2021 atau 1442 Hijriah ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Sehingga kegiatan ini tetap mematuhi protokol kesehatan, yakni dengan datang ke rumah-rumah penerima alias door to door.

“Seleyaknya masyarakat yang secara ekonomi kurang beruntung, harus dibantu. Terutama soal pengannya. Semoga bantuan ini bisa mengurangi sedikit beban mereka. Apalagi di tengah pandemi,” harapnya.

Sementara itu, Ketua PWI Bondowoso menyambut baik program Paket Ramadhan yang digagas oleh lembaga sosial dan zakat, IZI Jawa Timur tersebut.

“Alhamdulillah PWI sebagai organisasi profesi jurnalis, juga punya kepedulian terhadap masyarakat kurang mampu. Bahkan PWI sudah beberapa kali melakukan bakti sosial,” jelasnya.

Menurutnya, PWI Bondowoso dan IZI tak hanya kali ini yang menjalin sinergi. “Tetapi saat ada bencana banjir bandang di Ijen, PWI-IZI juga menyalurkan bantuan,” ungkapnya.

Kegiatan seperti ini kata dia, penting untuk terus dilakukan. Apalagi di tengah pandemi Covid-19, banyak sektor usaha terpukul dan mengakibatkan banyak orang kehilangan mata pencaharian.

“Selain membangkitkan melalui tulisan, PWI Bondowoso selalu siap jika harus menjadi bagian dalam aksi kemanusiaan,” tegas Jurnalis Harian Duta Masyarakat tersebut.

Suarna, salah seorang penerima mengaku sangat terbantu dengan adanya bantun paket Ramadhan dari IZI Jawa Timur itu.

“Alhamdulillah, beberapa hari ke depan kebutuhan beras dan sebagainya sudah ada. Semoga membawa berkah,” ucapnya.

Sebagai buruh tani, dia mengaku pendapatan tak menentu. Terkadang juga tidak cukup memenuhi kebutuhan sehari-hari. “Kami sangat bahagia ada bantuan ini, bagi kami ini sangat luar biasa,” imbuhnya.

Agat Paket Ramadhan tepat sasaran, PWI Bondowoso dan IZI Jawa Timur meminta data kepada pemerintah desa setempat. Siapa saja yang tergolong tak mampu secara ekonomi dan berhak menerima bantuan. (*/Rois)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait