Jamin Pasokan semikonduktor, Toshiba Benam Dana Bangun Wafer 300mm

  • Whatsapp

beritalima.com | Istilah wafer sangatlah akrab dalam industri semikonduktor. Semikonduktor diproduksi pada cakram silikon, yang dikenal sebagai wafer. Wafer yang lebih besar menghasilkan lebih banyak chip, dan produksi lebih efisien. Namun, semikonduktor daya telah lama dicirikan sebagai produk volume rendah campuran tinggi, dan manufaktur telah dilakukan pada wafer 200mm, dengan produksi pada wafer 300mm disediakan untuk campuran rendah, semikonduktor yang diproduksi secara massal seperti memori dan CPU. Ini mulai berubah, dan beberapa tahun terakhir telah melihat tren percepatan, terutama di antara produsen besar luar negeri, menuju produksi semikonduktor daya pada wafer 300mm.

Pada Maret 2021, Toshiba membuat keputusan penting dalam memastikan masa depan bisnis semikonduktor dayanya yaitu dengan berinvestasi pada fasilitas produksi wafer 300mm.

Pemandangan udara dari fasilitas wafer 300mm di Kaga Toshiba Electronics Corporation, Prefektur Ishikawa, Jepang

Ada alasan bagus yang melandasi transisi ini. Elektrifikasi mobil, otomatisasi peralatan industri, meluasnya penggunaan teknologi inverter pada peralatan rumah tangga, dan meluasnya penggunaan energi terbarukan, semuanya berkontribusi pada peningkatan permintaan semikonduktor daya. Penjualan yang cukup sekarang, diharapkan dapat memberi pembenaran pada produksi wafer 300mm.

Selain meningkatkan efisiensi produksi, jalur wafer 300mm juga dapat berkontribusi pada peningkatan kinerja semikonduktor, dan pemasok wafer diberikan lebih banyak ruang bagi perluasan kapasitas wafer 300mm— tambahan alasan menarik dalam merealisasikannya. Namun, semua manfaat ini datang dengan biaya, dan investasi yang sangat besar diperlukan untuk dapat bekerja dengan wafer yang lebih besar. Kami bertanya kepada Kamebuchi tentang latar belakang keputusan tersebut.

Takeshi Kamebuchi, Vice President, Semiconductor Division Toshiba Electronic Devices & Storage Corporation

“Ya tentu saja investasi awal itu memakan biaya yang besar. Namun, dengan bergerak menuju masa depan rendah karbon, pasar berkembang secara signifikan, dan persaingan semakin ketat. Saya melihat beberapa tahun ke depan sebagai titik perubahan utama untuk bisnis semikonduktor daya, dan jika kita ingin bertahan dalam bisnis ini, sekarang adalah waktu terbaik untuk melakukan langkah ini. Menjadi produsen semikonduktor Jepang pertama dengan lini produksi wafer 300mm akan memberikan Toshiba senjata besar dalam hal pasokan dan kualitas. Tentu, di samping efisiensi produksi, kami juga akan terus menyempurnakan proses teknologi presisi tinggi (high-precision process) kami”, ujar Kamebuchi.

Sementara kinerja semikonduktor daya berkontribusi pada realisasi ekonomi bebas karbon, ada lebih banyak persamaan dari itu saja. Salah satu faktor yang harus diperhatikan adalah proses pembuatannya. Pembuatan semikonduktor, apapun jenisnya, umumnya membutuhkan banyak listrik, air, bahan kimia dan gas. Betapapun banyak semikonduktor daya dapat meningkatkan kinerja peralatan hemat energi, jika pembuatannya menghabiskan banyak energi, maka dampak bersihnya terhadap konsumsi energi dan bumi akan berkurang.

“Mengurangi beban lingkungan dari proses manufaktur adalah tanggung jawab dan prioritas tertinggi perusahaan yang memproduksi semikonduktor. Saat kita menyediakan produk hemat energi untuk pasar, kita juga harus menyadari dampak terhadap lingkungan, dan terus berupaya untuk mengendalikannya. Hanya ketika kedua roda ini sejajar, kita benar-benar berkontribusi pada realisasi masa depan rendah karbon.” Tutup Kamebuchi.

beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait