Jelang Bulan Ramadhan, Pemkot Madiun Gelar Lomba Kebersihan Makam

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Menyambut datangnya bulan Ramadhan 1442 H/2021 M, Pemerintah Kota Madiun, Jawa Timur, melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman menyelenggarakan lomba kebersihan makam.

Karena itu, beberapa hari terakhir, sekitar sembilan makam yang mengikuti lomba dan tersebar di beberapa kelurahan, dibersihkan dan dicat warna warni. Selain tampak bersih, kesan seram langsung hilang.

Salah satunya, yakni makam Tempat Pemakaman Umum (TPU) Budug, yang berada di Jalan Mayjen Sungkono, Kelurahan Nambangan Lor, Kecamatan Manguharjo. Pada makam ini, selain tampak bersih, juga tampak indah.

beritalima.com

Pun demikian dengan makam lainnya. Termasuk TPU di Kelurahan Kanigoro, Oro Oro Ombo, Taman, Manisrejo, Banjarejo, Klegen, Madiun Lor, dan Kelurahan Winongo.

Lomba ini, dinilai oleh dinas terkait. Diantaranya oleh Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman. Selain kebersihan dan keindahan, salah satu yang dinilai yakni terkait administrasi daftar orang yang dimakamkan. Kapan meninggal, dan dimakamkan di posisi mana.

beritalima.com

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Madiun, Totok Sugiarto, mengatakan, inovasi dengan mengecat nisan warna warni juga dilakukan di 85 TPU yang tersebar di 27 kelurahan.

“Ini sekaligus untuk mengubah image makam yang selama ini banyak yang menilai seram, menjadi indah dipandang,” ucap Totok. (Dibyo).

beritalima.com beritalima.com

Pos terkait