Jelang Pemilu 2024, NasDem Targetkan E KTA Rampung Di Seluruh Papua

  • Whatsapp

JAYAPURA – Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai NasDem Provinsi Papua hari ini menggelar Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) bersama seluruh jajaran tingkat Kabupaten/Kota se Papua dalam rangka pemantapan jelang Pemilu 2024.

Rakerwil yang dilaksanakan hingga Sabtu (2/4) esok ini mengetengahkan tema ‘NasDem Bersinergi Menuju Kemenangan Pemilu 2024’.

Selain kepengurusan tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota, hadir juga Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Bidang Ideologi, Organisasi dan Kaderisasi DPP Partai NasDem, Dedy Ramanta sekaligus membuka Rakerwil tersebut.

Ketua DPW Partai NasDem Papua, Mathius Awoitauw, SE, M.Si kepada wartawan menjelaskan, Rakerwil adalah agenda rutin Partai NasDem yang dilakukan setiap tahun sebagai bentuk evaluasi tetapi juga membicarakan bagaimana langkah-langkah kedepan dari NasDem Papua, khusunya jelang Pemilu serentak 2024.

“Ada dua hal yang kita bicara yakni, pertama mengenai internal yang dimulai dari DPP, DPW Provinsi maupun kabupaten/kota, termasuk pengurus dan anggota DPR. Kita juga harus melihat bagaimana kekuatan fraksi di setiap tingkatan DPR, baik di tingkat provinsi tetapi juga di kabupaten/kota tentang sejauh mana fraksi dapat menjembatani aspirasi-aspirasi masyarakat masuk menjadi kebijakan di tingkat pimpinan,” Kata Mathius, Jumat (1/4).

Menurutnya, sebagai Partai pemenang pada Pemilu 2020 lalu di Papua, DPW NasDem memiliki beban sekaligus tantangan untuk mampu mempertahankan kemenangan, yang tentunya mampu juga berkontribusi bagi masyarakat Papua.

“Minimal Partai NasDem bisa mempengaruhi pengambilan kebijakan pro rakyat di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota, sebab banyak anggota dewan dari partai NasDem yakni sebanyak 92 anggota dewan yang tersebar di lembaga legislatif ini, baik di DPR Papua dan DPRD Kabupaten/Kota,”ucapnya.

Dikatakan, keunggulan-keunggulan ini harus bermanfaat bagi Tanah Papua. Keunggulan ini juga akan menjadi materi-materi untuk disampaikan lewat Rakerwil, baik oleh DPP maupun DPW. Pihaknya mencoba memberi pemahaman karena Rakerwil menjadi ajang pembelajaran bagi semua kader atas dinamika yang ada.

Ditambahkan, hal lain yang perlu mendapat perhatian dalam Rakerwil NasDem Papua, adalah mengenai progres pencapaian proyeksi Elektroni Kartu Tanda Anggota (E-KTA) Partai NasDem.Ko

“Mengenai target pencapaian e-KTA berdasarkan arahan umum dari DPP. Itu sudah ada target berdasarkan setiap posisi di partai. Mengenai e-KTA lebih jelasnya akan dijelaskan oleh DPP yang notabene adalah ahli dan guru dalam proyeksi e-KTA,” pungkas Awoitauw.

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Bidang Ideologi, Organisasi dan Kaderisasi Partai NasDem, Dedy Ramanta menerangkan, rapat kerja wilayah ini tentu saja salah satu point adalah tentan e-KTA, dikatakan target e-KTA yang ingin dicapai tergantung dari Kewilayahan.

“Misalnya untuk di Jawa dibagi per-kabupaten, kemudia dibagi lagi per-kecamatan, seterusnya dibagi perdesa. Dengan skala desa ditargetkan maksimal sekitar 55 orang atau anggota partai,”katanya.

Ditegaskan, Partai NasDem berkeinginan kuat untuk meletakan pencapaian e-KTA sebagai bagian dari proyeksi politik.

“Pertama, partai id NasDem akan dijadikan project utama untuk mendorong supaya pemilu yang ketiga partai id NasDem sudah diangka 5 – 7 % karena berbagai survei selalu menempatkan partai id NasDem itu dibawa 4 %. Dengan capaian 5 – 7 % maka secara otomatis sebelum ada pencalegkan Partai NasDem sudah lolos proses parlementers resoult,”ucapnya.

Di Papua secara khusus, lanjut dia, sesuai geografis yang begitu luas yang kemudian kampung dan distriknya juga banyak maka capaian Partai NasDem untuk e-KTA itu ditergetkan perkemapung berjumlah 20 – 25 orang atau anggota, itupun akan dijadikan sebagai cita-cita tertinggi.

Ramanta mengemukakan, pada prinsipnya, pencapaian e-KTA ini akan digenjoit di wilayah-wilayah yang bisa akses atau jangkau terhadap internet karena basis e-KTA Partai NasDem ini berdasarkan koneksi dengan internet sehingga orang di wilayah yang ada akses internetnya dapat mendaftarakan diri sebagai anggota Partai NAsDem.

“Jadi prinsipnya e-KTA secara khusus di Papua ini tidak hanya mendorong kemudian pencapaian partai, tetapi sebenaranya mengajak warga negara di Papua untuk sadar tentang kartu identias kependudukan. Sarat untuk menjadi anggota partai harus punya Nomor Induk Kependudukan(NIK), nah kesitu maka projectnya ada dua, mendorong masyaraat sadar berindentitas, kedua kemudian mendorong masyarakat mudah masuk dalam wilayah partai,” tutupnya.

Caption foto : Rakerwil Partai NasDem Provinsi Papua.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait