KA Panoramic Kembali Dioperasikan, Cuma Tiap Minggu dari Gubeng ke Bandung

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | PT Kereta Api Indonesia (KAI) kembali mengoperasikan Kereta Panoramic, setelah mengevaluasi perjalanan pada masa angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) kemarin. Pengoperasian kembali pada Pebruari ini, dengan dirangkaikan pada KA Argo Wilis relasi Surabaya Gubeng – Bandung.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan, Kereta Panoramic adalah kereta dengan spesifikasi khusus untuk menikmati panorama Indonesia. Kereta pertama untuk jenis ini memberikan sensasi luar biasa bagi pelanggan dalam menikmati pemandangan di sepanjang perjalanan.

“Pengoperasian kembali ini agar masyarakat Kota Surabaya dan sekitarnya dapat turut merasakan layanan KA Panoramic keberangkatan dari Stasiun Surabaya Gubeng,” lanjut Luqman, Jumat (3/2/2023).

Dijelaskan, kereta ini akan beroperasi setiap hari Minggu. Berangkat dari Stasiun Surabaya Gubeng pukul 07.30, dan tiba di Stasiun Bandung pukul 17.25, dengan waktu tempuh 9 jam 55 menit. Jadwal lengkap operasional Kereta Panoramic selama Februari 2023 yakni pada tanggal 5, 12, 19, dan 26 Februari 2023.

Bagi pelanggan yang ingin menggunakan KA Panoramic dapat melakukan pemesanan tiket KA Argo Wilis Panoramic di aplikasi KAI Access, website KAI, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya.

Kereta Panoramic ini merupakan inovasi dari Balai Yasa Surabaya Gubeng yang diperkenalkan ke masyarakat pada rangkaian acara HUT KAI September 2022 lalu. Masyarakat sangat antusias saat Kereta Panoramic dioperasikan, yang saat itu digabungkan dengan rangkaian KA Taksaka relasi Yogyakarta – Gambir.

Kapasitas angkut Kereta Panoramic ini sebanyak 38 tempat duduk, dan di dalamnya terdapat mini pantry untuk menyajikan makanan yang diberikan oleh petugas Train Attendent Pramugari (TAP) ke penumpang.

“Dalam setiap perjalanan, para pelanggan Kereta Panoramic akan mendapatkan layanan khusus berupa snack, makanan, minuman, dan selimut secara cuma-cuma serta free wifi,” tutur Luqman.

“Kereta ini kursinya sangat nyaman, tirai jendelanya dapat dikendalikan secara remote, toilet yang luas dan terdapat sensor otomatis,” tambahnya.

Selain itu, televisi di dinding ujung kereta, rak bagasi khusus di ujung kereta, dan panorama pemandangan yang indah dan menyenangkan karena kereta ini memiliki jendela berdimensi sangat besar di kedua sisinya.

“Bahkan, atapnya yang juga kaca memanjang dari depan hingga belakang dapat dibuka tutup secara otomatis, sehingga memberikan pengalaman perjalanan yang menarik, menyenangkan dan mengesankan,” pungkas Luqman. (Gan)

Teks Foto: KA serba kaca Panoramic, dioperasikan setiap hari Minggu dari Stasiun Surabaya Gubeng menuju Bandung.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait