Kampung Percontohan Peduli Lansia Di Nimbokrang, Lansia Diberikan Pelayanan Kesehatan Gratis

  • Whatsapp

JAYAPURA, beritalima.com | Perhatian kepada kaum Lansia dan Pra Lansia penting dilakukan mulai kesehatan fisik hingga psikis, terlebih dimasa pendemi Covid-19.

Hal ini dilakukan dan menjadi kewajiban utamanya keluarga untuk terus membuat para lansia mapun pra lansia ini bahagia dimasa senjanya. Peehatian juga bisa dilakukan oleh pihak-pihak terkait seperti dilingkungan kampung tempat para lansia tersebut tinggal.

Kampung di Kabupaten Jayapura yang intens memperhatikan kesehatan para Lansia dan Pra Lansia adalah Kampung Nimbokrang. Perjalanan dari Sentani kota Kabupaten Jayapura, sekitar 2.5 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor. 

beritalima.com

Sekitar 150 Lansia dan Pra Lansia dikampung ini, rutin setiap minggu mengikuti kegiatan Senam Lansia yang dipusatkan di Balai Kampung. Pembinanya terdiri dari 8 (delapan) orang kader, termasuk 2 (dua) orang tenaga kesehatan dari Puskesmas Nimbokrang.

Namun, untuk mengantisipasi tejangkitya para lansia dan Pra lansia dari Covid-19, senam lansia ditiasakan sementara, hanya pengecekan kesehatan rutin bulanan dan tri wulan.

beritalima.com

Pembinaan dan pendampingan para lansia dan pra lansia ini sudah berlansung sejak 2014 silam, dan pada 7 Maret kemarin, telah berulang tahun ke- 8.

Tomi Irma Wati, sebagai salah satu kader pembina para lansia ini mengaku jika dirinya bersama enam orang kader lain dibawah pengawasan Kepala Kampung Nimbokrang, ditambah dua orang petugas kesehatan dari Puskesmas Nimbokrang terus berupaya memberikan pelayanan terhadap para lansia dan pra lansia di kampung transmigrasi ini.

“Tujuan kami untuk memberikan perhatian kepada para mbah-mbah kita ini. Mulai dari senam lansia yang setiap minggu kita lakukan, hingga pelayanan kesehatan rutin dan pemeriksaan kesehatan lengkap per triwulan. Harapan kami mereka bisa sehat terus dan bisa tertawa bahagia,”kata Tomi.

Diakuinya, antusias para lansia dan pra lansia sangat baik di Kampung Nimbokrang. Kebahagiaan nampak saat mereka berkumpul dalam satu kegiatan.

“Ini yang membuat kami para kader bahagia, tak kala melihat mbah -mbah bisa bercengkeramah dengan seumurannya. Meski satu kampung, mereka ini jarang bertemu satu samalainnya. Sehingga dengan kegiatan lansia dan pra lansia di kampung ini mereka sangat bahagia. Dan tiap kegiatan yang dilakukan di balai kampung Nimbokrang ini, sangat ramai,”ucapnya.

Dimasa Pandemi Covid-19, kata Tomi, hanya kegiatan senam lansia yang sementara ditiadakan. Alasannya untuk menjauhkan para lansia terjangkit virus Covid-19.

“Sementara untuk senam kita istirahat dulu, nanti kalau pandemi ini sudah tidak ada kita akan lanjutkan lagi, namun untuk pemeriksaan kesehatan tetap kita lakukan rutin,”katanya.

Untuk diketahui, kegiatan lansia dan pra lansia di Kampung Nimbokrang menjadi salah satu program unggulan kampung Nimbokrang, dan menjadi program percontohan bagi kampung-kampung lain di Kabupaten Jayapura. 

beritalima.com beritalima.com

Pos terkait