Ketahui Fungsi Obat Cataflam, Anjuran Pemakaian, Dan Indikasi Penggunaannya

  • Whatsapp

Siklus menstruasi atau haid merupakan siklus bulanan yang biasa terjadi pada wanita yang sudah memasuki usia remaja atau dewasa. Biasanya siklus menstruasi ini ditandai dengan munculnya bercak darah yang keluar dari area kemaluan wanita yang diakibatkan meluruhnya dinding rahim.

Biasanya saat mengalami siklus menstruasi atau haid ini kebanyakan wanita cenderung akan merasakan nyeri bahkan kram di area perutnya. Itu karena memang terjadi reaksi didalam rahim wanita yang sedang mengalami siklus menstruasi tersebut. Tidak jarang akhirnya penggunaan obat anti nyeri sering digunakan untuk meredakan rasa sakit yang dirasakan saat sedang siklus menstruasi tersebut.

Salah satu obat yang biasa digunakan untuk meredakan nyeri perut akibat menstruasi atau haid adalah obat Cataflam. Obat Cataflam ini merupakan obat Pereda nyeri yang tidak hanya berguna untuk meredakan nyeri haid tetapi juga bisa untuk meredakan nyeri di bagian tubuh lainnya seperti kepala dan juga nyeri di bagian sendi.

Mengapa obat Cataflam ini sering dipilih sebagai obat untuk meredakan nyeri akibat haid karena didalam obat Cataflam ini terdapat kandungan Diclofenas potassium yang mampu mengurangi rasa nyeri yang dirasakan di sekitar area tubuh tertentu. Cara kerja Diclofenas potassium yang masuk kedalam tubuh ini yaitu dengan langsung menghambat enzim didalam tubuh yang menghasilkan prostaglandin.

Prostaglandin sendiri merupakan zat yang dapat memicu terjadinya peradangan ataupun gejala nyeri lainnya pada tubuh saat sel didalam tubuh mengalami kerusakan. Contohnya saja saat tubuh kita terjatuh maka akan muncul luka dan luka tersebut akan terasa nyeri yang merupakan efek dari munculnya enzim prostaglandin, sehingga tubuh kita mengalami reaksi terhadap nyeri.

Jika anda mengalami rasa nyeri di bagian tubuh tertentu maka anda bisa mengkonsumsi obat Cataflam ini sebagai peredanya. Obat Cataflam ini juga sangat mudah ditemukan di apotek ataupun toko obat lainnya. Obat Cataflam ini juga dijual dalam beberapa bentuk seperti tablet, sirup, dan juga serbuk yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan anda.

Meskipun obat Cataflam ini termasuk kedalam jenis obat yang dijual bebas dipasaran, tetapi tetap ada aturan pakai penggunaan obat Cataflam yang harus anda ikuti dengan benar, berikut ini penjelasannya :

  • Konsumsi untuk nyeri haid

Minum cataflam dengan dosis 3 x 1 dalam sehari dengan dosis maksimal 50 – 100 mg.

  • Konsumsi untuk nyeri sendi

Minum cataflam dengan dosis 3 x 1 dalam sehari dengan dosis maksimal 50 mg.

  • Konsumsi untuk nyeri Ostheotritis

Minum Cataflam edngan dosis 2 -3x dalam sehari dengan dosis maksimal 50 mg

Dalam mengkonsumsi obat Cataflam ini bukan hanya aturan pakainya saja yang harus diperhatikan, tetapi juga aturan – aturan sebagai berikut :

  1. Anda hanya boleh mengkonsumsi obat Cataflam ini sesuai dengan aturan pakai yang sudah dijelaskan.
  2. Ada baiknya untuk yang memiliki penyakit lambung obat ini di konsumsi setelah makan agar mengurangi resiko muncul penyakit lain.
  3. Saat mengkonsumsi obat Cataflam ini tidak disarankan mengkonsumsinya bersamaan dengan minuman berasa atau vitamin karena akan menghambat kerja dari obat tersebut.
  4. Jangan konsumsi obat Cataflam ini dengan jarak waktu yang terlalu berdekatan. Perhatikan waktu konsumsi obat haruslah minimal berjarak kurang lebih 8 jam dari konsumsi sebelumnya.
  5. Simpan obat Cataflam ini ditempat yang tidak terkena sinar matahari langsung.
beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait