Ketua Forum Jurnalis Madiun New, Sudibyo: Wartawan Harus Berimbang

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Forum Jurnalis Madiun (FJM) New, menggelar halal bihalal yang dihadiri seluruh pengurus dan anggota, Selasa 16 April 2024.

Dalam kesempatan ini, Ketua Forum Jurnalis Madiun (FJM) New, Sudibyo, menekankan, agar wartawan, khususnya yang bergabung dengan organisasi tersebut, menyajikan berita yang akurat dan berimbang.

Karena menurutnya, suatu berita sangat berpengaruh pada penilaian kredilitas media dimana mereka bernaung, maupun terhadap wartawan itu sendiri.

“Berita yang ditampilkan harus tepat, benar dan tidak terdapat kesalahan. Akurasi sebuah berita sangat berpengaruh pada penilaian kredibilitas media maupun wartawan yang menulis berita,” ucap Sudibyo, yang juga Kepala Biro beritalima.com, yang membawahi Kota/Kabupaten Madiun, Magetan, Ngawi, Ponorogo, Pacitan, dan Kabupaten Tulungagung.

Pun, lanjutnya, masyarakat yang merasa dirugikan oleh sebuah pemberitaan, dapat menempuh jalur hukum dengan mengadu ke Dewan Pers. Bukan dibawa ke ranah pidana.

Karena menurutnya, pemberitaan sebuah media yang telah berbadan hukum, tidak dapat dipidanakan.

“Anggota masyarakat yang bersengketa dengan media, sebaiknya mengadu ke Dewan Pers. Ini amanah Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Disitu dalam pasal 15 ayat (2) disebutkan, salah satu fungsi Dewan Pers adalah memberikan pertimbangan dan mengupayakan penyelesaian pengaduan masyarakat atas kasus yang berhubungan dengan pemberitaan pers,” terangnya. (tim).

Ket. Foto: Sudibyo (tengah).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait