Kolaborasi YES Preneur, HR Academy, Kemenkop UKM Resmikan Program ‘GEBER UMKM’

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– YES Preneur partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia berkolaborasi dengan HR Academy dan Kementerian Koperasi Usaha Kecil Menengah (Kemenkop) UKM meresmikan program bersama Gerakan Bersama Usaha Mikro, Kecil Menengah (UMKM) atau ‘GEBER UMKM’.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membuka wawasan para pelaku atau pengusaha UMKM untuk naik kelas,” kata Ketua Bidang UMKM dan Ekonomi Keluarga (Ekkel) Gelora Indonesia, Srie Wulandari (Coach Wulan) dalam keterangan pers yang diterima awak media , Senin (10/5).

Program ‘GEBER UMKM ‘ini diresmikan Deputi Bidang Mikro Kemenkop UKM, Eddy Satria di sela-sela webinar ‘GEBER dalam Mentoring UMKM Menuju Naik Kelas’ akhir pekan kemarin.

Webinar yang diinisiasi HR Academy ini menghadirkan narasumber pakar Kebijakan Publik Narasi Institut, Ahmad Nur Hidayat, Sanusi (raktisi branding) dan Zaenal Arifin (praktisi pemasaran).

Wulan mengatakan, pandemi Covid-19 yang telah berlangsung selama lebih dari satu tahun ini mengakibatkan sektor UMKM paling terpukul. “Ini  tidak bisa dibiarkan, kita harus bangkit dan kembali menaikkan UMKM,” kata dia.

Menurut Wulan, banyak permasalahan yang muncul dan hambatan yang para pelaku atau pengusaha UMKM di Indonesia saat pandemi Covid-19 saat ini. “Karena itu, perlu pendampingan, baik bagi pewirausaha pemula maupun pengusaha yang ingin bisnisnya lebih baik lagi,” kata dia.

Wulan yang juga CEO HR Academy mengatakan, HR Academy juga telah membentuk HR-UMKM Naik Kelas untuk membantu pelaku UMKM dalam menghadapi permasalahannya. HR-UMKM NAIK KELAS saat ini memiliki lebih 3000 anggota. Pelaku UMKM ini melakukan inisiasi dalam Mentoring UMKM Menuju Next Level

“Masalahnya UMKM, selama ini tidak dapat mendapatkan pendampingan dalam menjalankan usaha, sehingga mereka masih terus berada di sektor informal. Dengan pendampingan mereka dapat masuk ke sektor formal,” ujar Wulan.

HR Academy, lanjut dia, punya banyak mentor yang siap diterjunkan untuk melakukan pendampingan. Bahkan HR Academy juga menginisiasi untuk mencetak para mentor UMKM.

Deputi Mikro Kemenkop UKM,  Eddy Satria memberikan apresiasi kepada HR Academy yang bersinergi dengan YES Preneur yang telah menghimpun UMKM dalam sebuah wadah agar bisa naik kelas pada saat meresmikan ‘GEBER UMKM’, Sabtu (8/5/2021).

“Mentoring sangat diperlukan, target kami harus bisa seluruh pelaku usaha ini punya mentor.  Tentu saja Kemenkop UKM mendukung dan mendorong agar para mentor yang lahir dari ‘GEBER UMKM’ ini agar bisa berkolaborasi dengan semua dinas-dinas di wilayah.” ujar Eddy.

Diungkapkan ada banyak program pemerintah yang berkaitan dengan UMKM, mulai pendampingan, pelatihan, kurasi dan kesempatan bagi yang naik kelas seperti ekspor. “Kita akan maksimalkan seluruh kemudahan perlindungan dan pemberdayaan UMKM. Dan, bagaimana ke depannya UMKM dapat bertransformasi dari informal ke formal.”

Wulan menambahkan, HR-UMKM Naik Kelas akan fokus untuk membentuk 10.000 mentor yang akan melakukan pendampingan pelaku UMKM di seluruh Indonesia. Para mentor nantinya akan diberikan pelatihan khusus mengenai pemasaran, digital, branding dan lain-lain.

“GEBER UMKM akan lebih berfokus kepada pembentukan mentor agar dapat tercapai tujuan untuk tersedianya 10.000 mentor yang bisa mendampingi para pegiat UMKM di seluruh Indonesia,” demikian Srie Wulandari. (akhir)

Pos terkait