Kuliner Khas Sumatera Selatan Yang Wajib Anda Coba

  • Whatsapp

beritalima.com | Sumatera selatan adalah salah satu provinsi di pulau sumatera yang menyimpan banyak kuliner legendaris. Bahkan kuliner khas sumatera selatan selalu menjadi idaman ketika kembali dari mengunjungi kota di Sumatera Selatan. Makanan dari Sumatera Selatan juga mempunyai banyak ciri khas yang populer dan berbeda. Kuliner Sumatera Selatan juga terkenal rasa yang pedas dan gurih. Jika anda berkunjung ke Sumatera Selatan anda wajib mencoba kuliner khas setempat. Namun kini beruntungnya banyak rumah makan yang menyediakan makanan khas Sumatera Selatan. Sehingga anda tidak perlu jauh-jauh ke Sumatera Selatan. Apa saja makanan khas minang? Berikut rekoemendasinya!

  1. Pindang Kuah Ikan

Makanan khas Sumatera Selatan yang pertama ini bisa menjadi favorit kalian jika suka rasa asam dan gurih. Bahan-bahan yang anda siapkan adalah ikan patin 1 kg, bawang putih 3 siung, cabe merah 5 buah, bawang merah 2 siung, sereh 2 helai, laos 1 ruas, kunyit 1 buah, kemiri 5 siung, tomat segar 5 buah, dan asam jawa 5 buah.

Anda cuci bersih ikan patin dan potong menjadi 3 atau 4 bagian tergantung besarannya. Selanjutnya anda haluskan semua bumbu kecuali tomat segar dan asam jawa. Setelah dihaluskan, siapkan panci berisi air. Masukkan semua bumbunya dan ikan patinya. Beri asam jawa dan garam. Kemudian masukkan tomat segarnya. Tunggu hingga matang, sajikan bersama sambal terasi pasti enak sekali.

  1. Pempek Ikan

Siapa yang tidak tahu makanan satu ini. Mungkin anda belum tahu jika pempek ikan adalah makanan khas Sumatera Selatan yang wajib anda favoritkan. Pembuatan pempek memang agak sulit namun sangat berharga jika anda bisa membuat pempek. Bahan-bahan untuk adonan pempeknya adalah tepung terigu 250 gram, sagu atau aci 1 kg, bawang putih 10 siung, ikan tenggiri 2 ekor, dan garam. Kemudian isian pempeknya adalah telur. Selanjutnya anda membuat cuka dengan bahan udang kering bawang putih, gula merah dan asam jawa 7 buah.

Langkah pertama yang harus anda lakukan dalam membuat adonan adalah mencampurkan semua bahannya jadi satu. Bawang putihnya diblender hingga halus. Kemudian ikan tenggirinya ambil dagingnya saja dan diblender. Ketika menguleni adonan jangan lupa garamnya sedikit saja. Setelah itu uleni hingga halus. Siapkan telur rebusnya yang sudah dibagi. Kemudian buat adonan pempeknya dengan mengambil sedikit dibuat pipih dan masukkan telurnya. Setelah itu buat bentuk yang menutup seluruhnya. Kemudian rebus pempeknya. Selanjutnya buat cukanya dengan memasukkan gula merah pada air di panci. Masukkan bawang putih halus, garam dan asam jawa. Udang keringnya juga dihaluskan. Setelah itu masak hingga mendidih. Pempek yang sudah direbus, goreng dan makan dengan cukanya.

  1. Tempoyak

Makanan khas Sumatera Selatan selanjutnya ini mungkin anda bisa menyukainya atau tidak. Tempoyak inni terdiri terbuat dari duren yang difermentasi. Fermentasi duren ini sering disebut dibusukkan. Jadi rasa durennya asam. Tempoyak bisa dijadikan tumisan atau juga sambal.

Anda bisa membuat sambal tempoyak dengan bahan cabe, bawang merah, bawang putih dan tomat. Blender semua bahan dan masak dengan ditumis dengan tempoyak yang sudah anda beli. Sedangkan untuk oseng tempoyak siapkan cabe rawit 7 buah, bawang merah 5 siung, bawang putih 5 siung. Semua bahan diiris dan tumis. Kemudian tambahkan tempoyak dan teri.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait