Laksanakan Ekspedisi Perahu Layar, Lanal Maumere Bangkitkan Semangat & Jiwa Bahari Bangsa

  • Whatsapp

(Lanal Maumere). Minggu 13 Juni 2021, bertempat di Pelabuhan L. Say Maumere, Komandan Lanal Maumere Kolonel Laut (P) Dwi Yoga P., M.Tr.Hanla., M.M., CTMP. melepas 4 (empat) Perahu Layar Nelayan dalam rangka Ekspedisi Perahu Layar dengan route Maumere -Pulau Kojadoi yg merupakan Kampung Bahari Nusantara binaan Lanal Maumere.

Kali ini ada 4 (empat) unit perahu layar dari Kelurahan Nangahure yang turut dalam kegiatan dan dibawah arahan Ketua Kelompok Nelayan *Raja Tuna* Bapak H. Ali Sadikin bersama delapan nelayan binaan Lanal Maumere.

“Terakhir kali saya melaut dengan perahu layar pada tahun 1995, setelah itu nelayan pakai mesin semua. Anak-anak muda sekarang tidak tahu lagi cara berlayar dengan pakai Layar”, tutur H. Ali Sadikin.

Turut sebagai Tim Sar, 1 unit Sea rider Lanal Maumere dan 1 unit Sea rider Kantor SAR Maumere serta Perahu motor nelayan.

Saat perjalanan di laut, Danlanal Maumere mengatakan, “Ekspedisi Perahu Layar ini dilakukan untuk menumbuhkan kembali jiwa pelaut masyarakat Kab. Sikka yang sudah tergerus jaman, dimana apabila terjadi kerusakan mesin ataupun BBM habis, para nelayan masih bisa survival pulang ke daratan dengan menggunakan bantuan angin”, ujar Danlanal.

Ekspedisi Kojadoi ini direncanakan akan dilaksanakan kembali pada 27 Juni 2021, dengan mengundang lebih banyak lagi Perahu Layar Nelayan di wilayah Kab.Sikka, dengan route dari Pelabuhan L.Say menuju ke Kojadoi.

Hadir dalam kegiatan seluruh Perwira Lanal Maumere, Personel Kantor SAR Maumere yang diwakili Bpk Wayan, Kepala KSOP Kab. Sikka, diwakili Bpk Eko Halim, GM Pelindo III Maumere, Bpk Eri.S, dan Wartawan.@Penlanalmme.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait