Liburan Nyepi Daop 8 Siapkan 40 KA Jarak Jauh

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | PT KAI Daop 8 Surabaya memberangkatkan 40 KA jarak jauh ke berbagai kota tujuan untuk melayani pelanggan pada hari libur Nyepi, Rabu (22/3/2023). Ke 40 KA itu berangkat dari Stasiun Surabaya Pasarturi, Stasiun Surabaya Gubeng, dan Stasiun Malang.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya
Luqman Arif mengatakan, tujuan favorit para pelanggan pada liburan Nyepi itu Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Semarang, Jember, dan Banyuwangi. Sedangkan KA favorit pelanggan diantaranya KA Airlangga, Sancaka Argowilis, Sritanjung, dan Ranggajati.

Luqman menyampaikan, sampai saat ini KAI Daop 8 Surabaya masih mengacu peraturan sesuai SE Kementerian Perhubungan No 84 Th 2022 dan SE Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/II/3984/2022, dimana untuk pelanggan KA Jarak Jauh usia 18 tahun ke atas wajib vaksin ketiga (booster).

Namun, untuk WNA dari perjalanan luar negeri wajib vaksin kedua, dan yang tidak/belum vaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah.

Kemudian untuk pelanggan usia 6-12 tahun, wajib vaksin kedua, dari perjalanan luar negeri tidak wajib vaksin, dan tidak/belum vaksin harus memiliki surat keterangan dari Puskesmas/faskes dengan alasan tertentu, atau harus didampingi orang tua/orang dewasa yang telah mendapatkan vaksinasi lengkap (Vaksin 1, 2, dan booster 1).

Bila orang tua/orang dewasa pendamping belum mendapatkan vaksin lengkap karena alasan kesehatan, harus dibuktikan dengan surat keterangan dokter penanggung jawab pelayanan sesuai ketentuan protokol kesehatan bagi pelaku perjalanan.

Terus untuk pelanggan usia 13-17 tahun, wajib vaksin kedua, berasal dari perjalanan luar negeri tidak wajib vaksin, dan tidak/belum vaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah.

Terakhir bagi pelanggan usia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen atau RT-PCR, namun wajib dengan pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan.

Tidak hanya itu, pelanggan tetap diwajibkan dalam kondisi sehat dan menggunakan masker selama dalam perjalanan kereta api dan saat berada di stasiun. Masker yang dipakai masker kain 3 lapis atau masker medis yang menutup hidung, mulut, dan dagu.

Disebutkan, 9 KA Keberangkatan dari Surabaya Pasarturi itu KA Argo Bromo Anggrek tujuan Gambir PP, KA Airlangga tujuan Pasar Senen PP, KA Ambarawa Ekspres tujuan Semarang Poncol PP, KA Gumarang tujuan Pasar Senen PP, KA Harina tujuan Bandung PP, KA Sembrani tujuan Gambir PP, KA Sembrani Tambahan tujuan Gambir PP, KA tujuan Pasar Senen PP, dan KA Dharmawangsa tujuan Pasar Senen PP.

Kemudian KA keberangkatan dari Surabaya Gubeng adalah KA Blambangan Ekspres tujuan Semarang Tawang PP, KA Probowangi tujuan Ketapang PP, KA Pasundan tujuan Bandung Kiaracondong PP, KA Argo Wilis tujuan Bandung PP, KA Ranggajati tujuan Cirebon PP, KA Sancaka tujuan Yogyakarta PP, KA Logawa tujuan Purwokerto PP.

Terus, KA Gaya Baru Malam Selatan tujuan Pasar Senen PP, KA Sritanjung tujuan Yogyakarta PP, KA Jayakarta Premium tujuan Pasar Senen PP, KA Sancaka Fakultatif tujuan Yogyakarta PP, KA Sancaka Tambahan tujuan Yogyakarta PP, KA Bima tujuan Gambir PP, KA Wijayakusuma tujuan Cilacap PP, dan KA Mutiara Selatan tujuan Bandung PP.

Sedangkan Keberangkatan Malang, KA Tawangalun tujuan Ketapang PP, KA Kertanegara tujuan Purwokerto PP, KA Matarmaja tujuan Pasar Senen PP, KA Jayabaya tujuan Pasar Senen PP, KA Gajayana tujuan Gambir PP, KA Brawijaya tujuan Gambir PP, KA Malabar tujuan Bandung PP, dan KA Majapahit tujuan Pasarsenen PP. (Gan)

Teks Foto: Suasana Stasiun Surabaya jelang libur Nyepi.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait