LP3M Unismuh Makassar Edukasi Masyarakat Lewat Model Kewirausahaan Sosial di Pattaneteang Bantaeng

  • Whatsapp

BANTAENG. Lembaga Penelitian Pengembangan dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP3M) Unismuh Makassar, kembali menggelar Pengabdian Kepada Masyarakat, Kamis (22/7/2021)

Jenis kegiatan yang dilaksanakan, berupa edukasi pada kelompok masyarakat melalui pendekatan model kewirausahaan sosial di Dusun Bungeng Desa Pattanetang Kabupaten Bantaeng.

Demikian ditegaskan Ketua Tim Pelaksana Edukasi Pada Kelompok Masyarakat Melalui Pendekatan Model Kewirausahaan Sosial di Dusun Bungeng Desa Pattanetang Kabupaten Bantaeng, LP3M Unismuh Makassar, Rudi Hardi, S.Sos., M.Si kepada media, Sabtu (24/7/2021).

Dijelaskan, kewirausahaan yang yang menjadi objek pengembangan branding adalah produk Kopi Daulu yang menjadi produk andalan di desa tersebut.

Metode dan tahap pelaksanaan kegiatan pengabdian ini dimulai dari pengenalan produk Kopi Daulu, pengenalan model kewirausahaan sosial yaitu proses pengemasan, pemasaran, serta edukasi marketing digital, kata dosen Ilmu Pemerintahan Fisip Unismuh Makassar ini.

Kemudian, keuntungan yang diperoleh dari usaha tersebut, terdapat bagian sosial untuk kepentingan kelompok masyarakat kata Rudi Hardi.

Anggota tim pelaksana kegiatan ini,
Ahmad Taufik, S.IP., M.AP, menambahkan, hasil ingin dicapai dalam kewirausahaan sosial yaitu bukan hanya profit semata, melainkan juga penciptaan nilai sosial yang dibentuk dengan cara bekerja sama dengan orang lain atau organisasi masyarakat yang biasanya menyiratkan suatu kegiatan ekonomi, ungkap dosen Ilmu Pemerintahan Fisip Unismuh Makassar ini.

Kepala Desa Pattaneteang Bantaeng,
Lukman, S.KM, pada kesempatan itu ikut mengapresiasi dan mendukung kegiatan pengabdian masyarakat ini

Dia mengatakan kegiatan ini membantu mengembangkan usaha masyarakat sehingga lebih produktif, dan akan menjadi materi untuk tercapai masyarakat yang sejahtera secara ekonomi dan sosial. Kondisi ini menjadi syarat mutlak untuk mencapai desa cerdas (smart villages), katanya.

Kepala Dusun Bungeng Desa
Pattaneteang Bantaeng, H. Sahiruddin
mengatakan, kegiatan ini mengungkapkan pertanian kopi saat ini menjadi mata pencaharian utama masyarakat sekitar Desa Pattaneteang.

Kopi Organik Daulu merupakan jenis produk unggulan di Desa Pattaneteang yang dari hutan desa di sekitarnya. Daulu adalah nama sebuah wilayah dengan tanaman utamanya adalah kopi Arabica.

Tanaman kopi ini sudah lama di kenal oleh warga desa namun, dalam pemasaran, produk ini masih banyak kendala yang dihadapi mulai dari tidak stabilnya harga, tidak terpasarkan secara baik, dan kurangnya informasi tentang produk ini di pasar digital. Karena itu, kegiatan ini sangat perlu untuk terus dilakukan, tegasnya.

Saat ini yang jadi Ketua LP3M Unismuh adalah Dr Ir. Abubakar Idhan, MP dan Sekretaris LP3M, Muh. Arief Muhsin, S. Pd, M. Pd. (ulla/yahya).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait