Maba 2021 Generasi Milenial Prodi Komunikasi Unismuh Terus Melaju Naik

  • Whatsapp

MAKASSAR. Prodi Ilmu Komunikasi pada beberap tahun terakhir ini apalagi di masa pandemi Covid-19, mengalami trend yang cukup banyak diminati generasi milenial.

Kenyataanya terbukti mahasiswa baru 2021 dari generasi milenial yang memilih prodi ilmu komunikasi datanya menunjukkan kecenderungan terus mengalami kenaikan.

Demikian ditegaskan Ketua Prodi S1 Ilmu Komunikasi Unismuh Makassar, Dr.H.Muh Tahir, M.Si didampingi Sekretaris Prodi, Dian Muhtadiah Hamna, S.IP, M.I.Kom kepada media di Gedung Balai Sidang Muktamar Unismuh Makassar, Selasa 13 Juli 2021.

Dijelaskan, prodi ilmu komunikasi yang baru mulai beroperasi 2015 mengalami perkembangan dari penerimaan mahasiswa baru yang cukup signifikan. Tahun 202o peminat mahasiswa baru mencapai 80 orang dibanding 2019 hanya 19 orang, itu berarti mengalami kenaikan sekitar 300 persen.

Kecenderungan peminatan pada ilmu komunikasi yang lagi trend ini sehingga target maba 2021 sebanyak 120 orang akan dapat tercapai karena masih ada waktu sampai dengan akhir Agustus 2021, kata magister ilmu komunikasi PPs-Unhas ini.

Memperkenalkan prodi Ilmu Komunikasi yang telah terakreditasi nilai B dari BAN-PT dilakukan dengan mengoptimalkan semua media yang ada media sosial dan media massa serta seluruh stakeholder termasuk dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, alumni dan lainnya.

Pada revisi kurikulum yang telah dilakukan prodi ilmu komunikasi mengusung visi, Menjadi Program Studi yang Unggul dan Terpecaya dalam Bidang Komunikasi Digital Berdasarkan Nilai Nilai Islam di Asia Tenggara 2030, kata Dosen Dipekerjakan LLDIKTI IX Sulawesi ini.

Mencapai visi tersebut maka program Catur Dharma pada prodi Ilmu Komunikasi berorientasi pada komunikasi digital. Kemandirian prodi juga terus dipacu dengan menjadikan Ilmu Komunikasi berbasis digital entrepreneurship dengan menggalang berbagai macam kerjasama kampus dan industri pada bidang komunikasi dan telekomunikasi.

Selama ini prodi telah menjalin kerjasama dengan industri komunikasi termasuk media penyiaran RRI Makassar, Net-TV Studio Makassar, media cetak Berita Kota Makassar, media online, Portal Inipasti. Com, Portalmakasaar. Com dan beberapa media lain dan kehumasan instansi pemerintah dan swasta, tandas doktor manajemen PPs-UMI Makassar ini, tandasnya.

Selain itu Prodi Komunikasi juga memiliki Desa Binaan terletak di Desa Panciro Kabupaten Gowa. Pada desa ini civitas akademika kampus melakukan Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan telah melaksanakan pelatihan citizen reporter bagi tenaga penyuluh dan kehumasan.

Usai Lebaran Idul Adha 1442 H, kembali akan menggelar Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di binaan ini. Kegiatan yang akan dilaksanakan adalah Sosialisasi Bermedia Sosial Secara Cerdas dan Bijak di Era Komunikasi Digital bagi Anggota PKK Desa Panciro.

Selain itu sumber daya dosen yang dimiliki juga cukup berdaya saing karena merupakan lepasan dari sekolah pascasarjana UGM Jokyakarta dan Unhas.

Kekuatan sumber daya dosen Ilmu Komunikasi saat ini berjumlah 10 orang, dua berpendidikan doktor yakni (Muh Tahir dan Muhammad Yahya), tiga lanjut studi S3 yakni; Syukri, S.Sos, M.Si di Unpad Bandung serta Dra.Diana Rina, M.Si dan Dian Muhtadiah Hamna, S.IP, M.I.Kom di PPs-Unhas.

Dua dosen alumni magister komunikasi UGM yakni, Warda, S.Sos, M.Si dan Indah Pratiwi M, S.Sos, MA. Tiga dosen alumni magister komunikasi Unhas yakni, Ahmad Syarif, S.Sos, M.I.Kom, Arni, S.Kom, M.I.Kom dan Indah Elza Putri, S.Sos, M.Si. (ulla).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait