Mahasiswa UMM Berikan Sosialisasi Tentang Cara Pembuatan dengan Mudah

  • Whatsapp

beritalima.com | Melalui program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) di Desa Mayangan, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang. Mahasiswa UMM yang beranggotakan 5 orang diantaranya yaitu Febrianti Wulan, Lia Savitri, Agnes Yusiana, Nymaz Putri, dan Kemal Dimas R memberikan sosialisasi kepada masyarakat desa mayangan tentang cara pembuatan faceshield dan menjelasan pentingnya pemakaian faceshield serta pembagian faceshield kepada masyarakat di Desa Mayangan.

Berbagai cara di gunakan untuk mencegah virus covid-19,Tim PMM UMM mengadakan sosialisasi guna memberikan pengertian dalam menghadapi pandemi ini untuk selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat, melakukan cuci tangan secara rutin menggunakan sabun, selalu menjaga jarak di keramaian dan juga menggunakan masker saat keluar rumah. Namun, dikarenakan virus ini menyebar melalui mata, hidung, dan mulut. Sehingga, sebagian orang menganggap masker kurang efektif untuk mencegah penyebaran virus melalui mata. Nah, jika demikian, maka produk face shield lebih efektif mencegah paparan virus ketimbang menggunakan masker.

Tim PMM UMM memberikan sosialisasi juga untuk cara penggunaan faceshield dengan mudah, yaitu hanya dengan menggunakan alat dan bahan yang bisa di temukan di sekitar,seperti mika,karet dan busa,hal ini mendapat tanggapan positif warga desa Mayangan di karenakan dapat mensiasati mahalnya harga faceshield di pasaran yakni sekitar 25ribu-27ribu.

Face Shield sendiri merupakan alat pelindung bagian wajah serta mata. Yang mencegah cairan dari dalam tubuh manusia agar tidak langsung menyebar. Cairan ini disebut dengan cairan droplet. Cairan droplet sendiri yaitu cairan atau cipratan liur yang dikeluarkan seseorang dari hidung atau mulut saat bersin, batuk, bahkan berbicara.Sangat di khawatirkan jika manusia yang menyebarkan cairan droplet membawa virus covid-19 juga virus-virus lainnya dan cairan tersebut memasuki mata, mulut, atau hidung orang yang sehat, orang tersebut dapat tertular. Penyebaran droplet biasanya sejauh satu meter.

Oleh karena itu, di tengah merebaknya virus corona yang sangat berbahaya, alat ini sangat disarankan untuk orang-orang yang kerap melakukan interaksi dengan masyarakat luas untuk menggunakan faceshield yang dapat melindungi area mata,hidung maupun mulut.

Untuk cara perawatan faceshield sangat mudah digunakan karena mempunyai jangka pakai yang panjang atau bisa digunakan lagi, cukup dengan dicuci dengan air sabun atau bisa menggunakan cairan desinfektan. Untuk memaksimalkan penggunaan faceshield harus disertai dengan penggunaan masker dan juga selalu menjaga jarak atau social distancing.

Diharapkan dengan penyuluhan tentang penggunaan faceshield dapat mencegah terpaparnya virus covid-19 ini terutama di Desa Mayangan Kabupaten Jombang. Dalam rangka acara ini mahasiswa UMM didampingi oleh pembimbing lapangan Mohamad Irkham Mamungkas,ST,MT,.

Penulis : Kemal Dimas R

Editor : Lia Savitri Elani

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait