Mahasiswi FKM Bantu Promosikan Usaha Kecil Menengah Secara Gratis

  • Whatsapp
Shopi Nilamsari mahasiswa FKM Unair penduri AFB

SURABAYA, Beritalima.com |Keadaan pandemi yang hingga saat ini masih belum usai, berdampak pada kondisi ekonomi di Indonesia. Banyak sekali perusahaan yang harus melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap para pegawainya. Hal tersebut membuat sebagian orang harus beralih profesi agar tetap mendapatkan pemasukan, salah satunya menjadi pedagang. 
Karena merasa prihatin atas permasalahan tersebut, Shofi Nilamsari, mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (UNAIR) berinisiatif untuk mendirikan sebuah komunitas yang bernama Aid For Buddies (AFB). Nama Aid For Buddies yang bermakna bantuan untuk teman-teman dipilih karena nama tersebut mencerminkan tujuan didirikannya komunitas itu yakni membantu pedagang kecil dan menengah dalam mempromosikan usahanya secara gratis. 
Dalam mengelola komunitas tersebut, Shofi, panggilan karibnya, dibantu oleh 14 anggota tim dan dua orang volunteer. 
“Awalnya tidak terpikirkan menggunakan nama Aid For Buddies, lalu setelah berdiskusi dengan anggota tim komunitas akhirnya pilihan jatuh pada nama tersebut yang memiliki arti bantuan untuk teman-teman,” jelas Shofi.
Kegiatan promosi itu dilakukan melalui 16 akun media sosial instagram masing-masing anggota dengan jumlah total followers hingga 17.000 lebih. Meskipun tidak memungut biaya dari pedagang, namun terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi agar usaha mereka dapat dipromosikan. Hingga bulan Juli 2020, terdapat 10 pedagang kecil dan menengah di seluruh Indonesia yang telah dibantu.
“Sampai saat ini kurang lebih ada 10 pedagang kecil dan menengah yang telah dibantu, karena memang kita (komunitas AFB, Red) batasi per-harinya dan ada beberapa syarat yang harus dipenuhi,” tuturnya.
Selain membantu promosi secara gratis, AFB juga melakukan beberapa kegiatan lain seperti sharing session dimana mahasiswa dapat berbagi pengalaman sesuai bidang yang mereka minati. AFB juga membuat mini podcast untuk melihat berbagai sudut pandang mahasiswa terkait suatu hal. 
Ke depannya, Shofi berharap agar komunitas AFB bisa terus berkembang dan semakin dikenal luas oleh masyarakat. Dia juga berharap agar AFB dapat mengadakan penggalangan dana sehingga bisa membantu lebih banyak orang yang membutuhkan. 
Shofi berpesan kepada mahasiswa lain bahwa berbagi tidak harus soal materi tetapi bisa melalui banyak hal, karena tidak ada yang mengetahui sudah berapa senyuman yang tercipta dari kegiatan berbagi. 
“Jangan takut buat memulai berbagi, karena kita tidak pernah tahu berapa senyum yang telah kita ciptakan dari kegiatan berbagi tersebut,” tutup mahasiswi asal Lamongan itu. (yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait