Mangga Arum Merah Jadi Buah Khas Situbondo, Bupati Karna Ajak Investor Berinvestasi

  • Whatsapp
Bupati Situbondo Karna Suswandi saat memanen mangga arum merah buah asli Situbondo. (Bet/beritalima.com)

SITUBONDO, beritalima.com – Bupati Situbondo, Karna Suswandi mengajak para investor untuk berinvestasi di bidang pertanian, khususnya Mangga Arum Merah Situbondo. Sebab mangga tersebut bisa dipanen dalam waktu satu tahun tiga bulan.

Hal tersebut disampaikan pria yang akrab disapa Bung Karna ini kepada awak media usai mengikuti Upacara Bendera Hari Jadi Kabupaten Situbondo (Harjakasi) ke-205 di Alun-Alun Situbondo, Selasa (15/8/2023).

“Kado istimewa Harjakasi ke-205 yang pertama adalah Mangga Arum Merah Situbondo, mangga ini adalah mangga premium. Dan dalam umur satu tahun tiga bulan sudah bisa panen. Oleh karena itu, masyarakat menanam ini tentunya akan segera mendapat hasil,” ujarnya.

“Jika ada investor yang ingin menanamkan investasinya di Kabupaten Situbondo, kami ajak untuk bisa hadir di Situbondo. Karena Mangga Arum Merah selain premium. Artinya investasinya cepat kembali hanya dengan satu tahun tiga bulan sudah bisa panen perdana,” tambah Bupati Situbondo.

Lebih lanjut, Bung Karna mengungkapkan, Mangga Arum Merah Situbondo telah diakui oleh Kementerian Hukum, dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia sebagai mangga asli Situbondo. Hal ini bisa dilihat dengan sudah diterbitkannya surat pencatatan inventarisasi kekayaan intelektual komunal potensi indikasi geografis sebagai mangga asli Situbondo.

Pria asal Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa ini mengungkapkan, Mangga Arum Merah Situbondo memilik beberapa keunggulan. Mulai dari warnanya yang menarik, rasa yang manis dengan aroma yang khas, dan serat yang halus.

“Sehingga tidak heran, jika Mangga Arum Merah Situbondo ini masuk dalam kategori mangga kualitas premium,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispertangan) Situbondo, Haryadi Tejo Laksono menyampaikan, harga Mangga Arum Merah Situbondo di pasaran sangatlah mahal. Yakni mencapai Rp50 ribu per-kilogram.

“Kalau di Jepang itu bisa sampai Rp1 juta per-kilogram. Jadi memang Mangga Arum Merah Situbondo ini adalah jenis mangga premium,” ucapnya melalui sambungan telepon. (*/Bet)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait