beritalima.com

Masjid Percontohan, Kelompok 26 Bantu REMAS Jalankan Protokol Kesehatan di Masjid At-Taqwa

  • Whatsapp

Pada hari jumat (11/09/20)Mahasiswa kelompok 26 PMM-UMM yang beranggotakan 5 orang ini membantu dalam penerapan protokol kesehatan untuk mengecek suhu tubuh para jamaah masjid At-Taqwa yang melakukan sholat Jumat. Koordinator Kelompok 26 PMM-UMM yaitu Melisa berkata “ pengecekan suhu  tubuh ini merupakan program kerja dari PMM kami yang kelima atau terkahir, mengingat dimasa pandemi seperti ini menjaga kesehatan sangat diperlukan untuk mengantisipasi penyebaran virus covid-19. “ tuturnya.

Masjid At-Taqwa berada di Dusun Sempu, Desa Gading Kulon , Kec. Dau, Kab. Malang yang merupakan masjid satu-satunya di Desa Gading Kulon yang menjadi Masjid percontohan yang menjalankan protokol kesehatan ibadah. Sejak adanya virus covid-19 masjid ini tetap membuka sebagai tempat ibadah sholat jumat maupun sholat fardu, tetapi harus mengikuti protokol kesehatan seperti : menggunakan masker, membawa alat sholat sendiri, sudah berwudhu dari rumah, dan tetap jaga jarak.  Selain itu pada shaf  di masjid Jam’i At-Taqwa sudah diberi jarak sehingga ada batasan antara jamaah satu dengan jamaah lainnya.

Bapak Rusman selaku ketua takmir masjid Jam’i At-Taqwa mengatakan “ Memang sejak awal –awal ada virus covid-19 di Indonesia, kami sudah menjadikan masjid ini mengikuti protokol kesehatan seperti kami memberi tanda jarak shaf, menyemprotkn desinfektan kepada jamaah yang mengunjungi masjid, serta kami juga sediakan air dan sabun cuci tangan sehingga para jamaah harus cuci tangan terlebih dahulu. Dengan upaya yang kami lakukan untuk pencegahan covid-19 masjid ini mendapat penghargaan sebagai masjid terbaik yang mengikuti protokol kesehatan dari pemerintah Kota Malang.” Pungkasnya.

Guna melancarkan kegiatan Ibadah Sholat jumat, Mahasiswa PMM-UMM melakukan pengecekan suhu tubuh menggunakan thermogun yang dibantu oleh  remas masjid jam’i At-Taqwa. Pada saat jamaah datang Ririn selaku perwakilan kelompok 26 PMM-UMM memberikan arahan kepada jamaah agar mencuci tangan terlebih dahulu dan Melisa membagikan masker kepada jamaah yang tidak menggunakan masker, kemudian remas melakukan cek suhu dan jamaah disemprtokan desinfektan terlebih dahulu. Meskipun begitu jamaah tetap senang mematuhi prtokol kesehatan baik dari kalangan anak-anak maupun kalangan bapak-bapak.

Jamaah yang tidak menggunakan masker kebanyakan jamaah yang bukan warga asli desa ini melainkan jamaah yang dari luar untuk singgah beribadah. Masjid jam’i At-Taqwa tetap menerima jamaah dari luar sehingga masjid ini difasiitasi desinfektan untuk mensterilkan jamaah-jamaah yang dari luar. Sementara untuk jamaah yang asli warga desa ini sudah sangat mematuhi protokol kesehatan. “ sejak covid-19 sampai sekarang Alhamdulillah Desa Gading Kulon selalu zona hijau, itu mengapa masjid ini tetap dibuka akan tetapi mengikuti protokol kesehatan dan warga sangat mematuhi itu, mungkin jamaah yang tidak menggunakan masker adalah jamaah dari luar yang singgah untuk sholat dimasjid ini” ungkap bapak Hida Mustofa selaku sekretaris takmir masjid jam’i At-Taqwa.

beritalima.com

pada sholat jumat ini tidak ditemukan jamaah yang terindikasi sakit, rata-rata suhu tubuh jamaah tidak ada yang melebihi dari 37,5ᵒC. sehingga semua jamaah diperkenan masuk masjid dan mengikuti jalannya sholat jumat berjamaah. Saat para jamaah melaksanakan sholat jumat, kelompok 26 mengambil video untuk dimasukkan ke media youtube kelompok 26 sendiri. “ kesadaran jamaah masjid jam’I At-Taqwa dalam mengikuti protokol kesehatan beribadah ini sudah sangat baik, meskipun ada beberapa jamaah yang masih lupa menggunakan masker, sehingga kami mengambil video pada proses sholat berjamaah di masjid ini dengan harapan agar bisa menjadikan masjid percontohan yang dapat diterapkan oleh masjid-masjid lain, meskipun dimasa pandemi seperti ini jamaah masih dapat melaksanakan ibadah dengan  kusyuk.” Ucap Melisa selaku koordinator kelompok 26 PMM- UMM.

Mahasiswa PMM-UMM  kelompok 26 juga melakukan penempelen poster terkait protokol kesehatan saat beribadah dan poster cara menjaga kebersihan masjid dari covid-19 dengan tujuan para pengurus masjid dan para jamaah bisa memahami dan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku saat memasuki masjid. Penempelan poster tersebut disaksikan dan dibantu  oleh takmir masjid dan remas masjid At-Taqwa.

Kelompok 26 PMM-UMM berharap masyarakat kabupaten Malang khususnya masyarakat Desa Gading Kulon tetap sehat, tidak ada yang positif virus covid-19, Desa Gading Kulon tetap  zona hijau dan covid-19 ini cepat berakhir. Sementara itu Bapak Hadi Mustofa selaku takmir masjid At-Taqwa  mengatakan “ kami berterimakasih kepada adik-adik mahasiswa UMM yang berinisiatif melakukan pengecekan suhu, membagikan maker kepada jamaah,dan mengarahkan jamaah untuk cuci tangan serta memberikan poster yang berisi terkait protokol kesehatan dimasjid ini” ungkapnya.

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait