Masuk 50 Besar ADWI 2022, Desa Wisata Pandean Trenggalek di Kunjungi Menparekraf

  • Whatsapp

TRENGGALEK, beritalima.com –

Masuk 50 besar nominasi ADWI 2022, salah satu Desa Di Kabupaten Trenggalek di kunjungi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno. Dalam kunjungan kerja ini, Menparekraf RI disambut langsung Bupati Trenggalek dan jajaran forkopimda. Selain melihat langsung lokasi yang masuk 50 nominasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022, menteri yang akrab disapa Sandi Uno tersebut juga memberikan penghargaan terhadap pengelola destinasi.

Dan kali ini, apresiasi tersebut diserahkan kepada Desa Pandean, Kecamatan Dongko atas keberhasilannya masuk dalam nominasi 50 Besar ADWI Tahun 2022 dari total 3.419 peserta desa wisata se-Indonesia pada Kamis (30/6/2022).

Dilokasi, kedatangan Menparekraf RI disambut dengan penampilan tari-tarian, kesenian dan berbagai produk UMKM lokal. Kemudian, setelah menerima dan memberikan sambutan menteri juga melakukan pengecekan ke destinasi wisata dimaksud dengan berjalan kaki. Pria murah senyum yang suka berpantun itupun menyatakan kekaguman terhadap Pemerintah Kabupaten Trenggalek khususnya pengelola lokasi wisata atas kinerjanya selama ini. Sehingga mampu mengelola lingkungan mereka menjadi salah satu tujuan wisata bagus.

“Dari 3.500-an desa wisata, Pandean ini bisa tembus 50 besar (ADWI) ini sebuah prestasi yang membanggakan,” ungkap Menparekraf usai berkeliling didampingi Bupati Trenggalek di lokasi wisata.

Menurut dia, Desa Wisata Pandean ini juga dianggap unik serta mempunyai daya tarik karena memiliki juga nilai sejarah. Pasalnya, selain wisata alam di desa itu turut menyuguhkan atraksi tradisional yang diklaim usianya sudah ratusan tahun dan masih dilestarikan hingga kini. Padahal, ditengah era digital seperti sekarang kearifan-kearifan lokal sudah banyak yang dilupakan.

“Desa Wisata Pandean ini sebenarnya tergolong baru yang sudah mampu berprestasi. Usianya baru setahun lebih, namun para pengelola mampu memadukan wisata yang berbasis komunitas. Ini adalah prestasi yang luar biasa dan membanggakan,” bangga Sandiaga lebih lanjut.

Sementara itu, Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin juga menambahkan jika Desa Wisata Pandean tersebut merupakan salah satu contoh dari upaya dalam menggerakan perekonomian rakyat. Masyarakat yang tergabung pada Kelompok sadar wisata (Pokdarwis) di sana telah mampu memanfaatkan keindahan alam guna menjadi sumber pendapatan.

“Berawal dari sinilah ekonomi masa depan bisa bangkit, namun begitu dengan tidak melupakan kepentingan ekologi,” ujar Bupati.

Selain itu, sambung Gus Ipin panggilan akrab bupati, adanya desa wisata juga telah menggerakkan kepedulian masyarakat sekitar untuk menjaga lingkungan. Diharapkan, kedatangan Menteri Sandiaga Uno ke Desa Wisata Pandean akan lebih mengenalkan tempat itu ke masyarakat luas bahkan ke level internasional.

“Semoga, dengan kedatangan pak menteri (Sandiaga Uno) ini akan mampu mendongkrak kunjungan wisata serta mengenalkan wisata Trenggalek ke dunia luar atau bahkan internasional,” pungkas bupati muda itu. (her)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait