Membangun Brand Sendiri, Inilah Pentingnya Website Toko Online

  • Whatsapp
Gambar: Pixabay.com

beritalima.com | Halo para pembaca yang budiman. Di luar sana banyak orang bertanya apa sih makna branding? Berdasarkan definisi paling awam branding adalah pemberian nama dengan tujuan untuk mengidentifikasi barang dagangan perusahaan tertentu sekaligus membedakan dari barang jualan perusahaan lain.

Cara kerja branding adalah untuk melekatkan pemahaman masyarakat akan nama perusahaan. Contoh, di masyarakat masih banyak yang mengatakan air mineral dengan merk Aqua. Padahal tidak semua air mineral adalah Aqua. Pelekatan inilah yang dimaksud dengan branding.

Saat ini hampir semua orang menggunakan internet baik melalui laptop atau smartphone. Dan informasi berkembang secara cepat lewat dunia maya ini. Sebenarnya ini memudahkan Anda untuk membranding perusahaan Anda. Anda bisa lihat keberhasilan Facebook atau Tokopedia yang berhasil membangun branding lewat internet.

Itulah salah satu alasan pentingnya website toko online. Website toko online adalah sebuah situs yang berfungsi sebagai media bisnis, menjual barang/jasa. Situs ini pada umumnya memuat produk dan informasi-informasi terkait yang mendukung penjualan.

  1. Lebih Leluasa dan Aman

Jika Anda membangun website toko online artinya Anda lebih leluasa dalam mengaturnya. Itu sepenuhnya menjadi milik Anda. Hal ini memudahkan dalam membranding nama perusahaan. Website Anda hanya menjual produk milik Anda. Sedangkan jika Anda berjualan di marketplace justeru brand perusahaan marketplace itulah yang akan naik. Belum lagi, jika Anda mengiklan di marketplace Anda harus beradaptasi dengan perubahan yang mereka lakukan.

  1. Jangkauan Luas

Jaringan website memang sangat luas. Tidak hanya lokal tapi juga internasional. Produk yang Anda jual di satu kota bisa berpotensi export. Website toko online ini adalah media yang sangat membantu dalam hal ini. Selain itu juga website bisa buka 24 jam. Selama Anda sudah membayar biaya tahunan hosting dan domain, maka toko online Anda akan buka terus. Siapapun bisa mengakses.

  1. Menekan Beban Pengeluaran

Dengan website toko online Anda sebenarnya tak perlu lagi menyewa rumah toko (ruko). Biaya sewa ruko memang jauh lebih mahal. Belum lagi untuk menggaji karyawannya. Banyak para pebisnis pemula yang memilih strategi online untuk menjual barang ketimbang membuka ruko di kota-kota. Ketika mereka sudah berpenghasilan lumayan baru menyewa ruko untuk display barang.

Terus bagaimana cara membangun website untuk toko online? Anda harus memiliki dua hal ini:

  1. Domain

Domain adalah alamat dari toko online. Jika Anda memiliki nama perusahaan usahakan domain Anda sesuaikan dengan nama tersebut. Dan yang penting lagi: singkat, padat, jelas. Hal inilah yang akan membantu membranding nama perusahaan. Sebab, orang akan mudah menghafal situs Anda. Anda nantinya yang akan muncul di pencarian internet.

  1. Hosting

Jika domain adalah alamat rumah maka hosting adalah rumah itu sendiri. Ia bisa memuat banyak kamar tergantung luas/besaran kapasitasnya. Rumah itulah yang menampung perkakas-perkakas yang disebut file: tulisan, script, foto dan lain-lain.

Jika Anda mengunjungi situs niagahoster Anda bisa melihat berbagai produk domain dan hosting dengan harga yang variatif. Anda bisa memilih nama yang cocok dengan keuangan Anda. Tersedia pula hosting murah gratis domain yang pastinya akan menghemat pengeluaran Anda.

Kesimpulan

Nah jika Anda sudah punya website Anda sudah bisa mengatur desain tampilannya. Anda memegang kendali penuh untuk menentukan header, logo atau tampilan produk. Website yang bagus akan menimbulkan kesan yang baik di mata pengunjung. Dan pada akhirnya branding Anda akan dikenal luas.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait