Mengembalikan Potensi Usaha Krupuk Yang Sehat, Inovatif Dan Kreatif

  • Whatsapp

beritalima.com | Melalui Kuliah kerja Nyata (KKN) mahasiswa Universitas Bhayangkara kelompok 40 melakukan penyuluhan, sosialisasi, serta edukasi tentang pengembangan potensi usaha yang ada di Desa Kedung Rejo kec.Jabon, Sidoarjo Jawa Timur, banyak potensi usaha yang bisa di kembangkan di desa Kedung Rejo misalnya kerupuk, bebek,telur bebek, bahkan peternak sapi,namun potensi utama di desa kedung rejo adalah krupuk, ada berbagai jenis macam krupuk disana mulai dari krupuk puli , sayuran, ketumbar, krupuk ikan seta masih banyak lagi.

Desa kedungrejo memang terkenal sebagai kampung kerupuk, bahkan ketika kita masuk di desanya sudah disambut dengan bau kerpuk dan pemandangan keerupuk basah yang di jemur yang hampir setiap jalan ada barisan jemuran kerupuk.

Namun ada beberapa informasi yang kami dapat ada beberapa pengusaha kecil yang masih belum sadar tentang kesehtan bahan yang digunakan , yaitu penggunaan blang/borak pada bahan campuran kerupuk. Dengan penyuluhan yang dilakukan diharapkan para pengusaha baik kecil atau besar tidak lagi menggunakan bahan yang berbahya bagi kesehatan dengan beralih ke bahan alternatif atau bahan yang masih aman digunakan dan terdaftar BPOM, hasil nya kami memberi contoh ke setiap pengusaha kerupuk untuk beralih ke sppt /pengental kue, ataupun ke garam pengemulsi dan pengenyal ,dan lainnya.

Bahan bahan yang kami contohkan dan perlihatkan ke pengusaha adalah bahan yang sudah tercantum oleh BPOM dan serta aman jika tidak berlebihan dan tentunya bisa untuk membuat kerupuk , karena mahasiswa KKN kelompok 40 sudah mempraktikkannya.

Sosialisasi yang dilakukan ditujukan ke pada pengusaha krupuk dan ibu2 ibu PKK yaitu mengenai inovasi dan pemasaran dalam usaha , sosialisasi tersebut dilakukan untuk mengembangkan potensi kerupuk dengan berbagai rasa,kemasan, serta pemasaran yang lebih luas lagi , pemasaran bisa melalui media sosial, Whatsapp bahkan Web.
Program selanjutnya dari kelompok 40 yaitu tentang edukasi , sasaran nya adalah pada karang taruna , edukasi yang dimaksut berkaitan tentang teknologi digital dan pemrograman yaitu membuat dan memprogram running textt untuk tujuan pemasaran bahkan bisa di program untuk papan pengumunan usaha, daftar menu rumah makan ,dan papan nama sebuah usaha yang berkesan kekinian, selain itu tujuan dari edukasi ini agar pemuda pemudi bisa membuat dan memprogram running dengan mudah bahkan juga bisa berpotensi untuk membuka usaha di desa kedung rejo , perakitan running text ini terbilang cukup murah dan bisa di jual kembali, karena harga running text di pasaran terbillang cukup mahal.

Selain program kerja utama ada juga program kerja pendukung seperti perbaikan gapura , dan pemasangan tulisan “Kampung Kerupuk” sebagai identitas desa kerupuk diatas gapura. Perbaikan gapura ini untuk meremajakan gapura yang sudah tidak teriawat dan mengembalikan desa kedung rejo sebagai kampung kerupuk untuk di kenal masyarakat luas baik nantinya di share di media massa atau yang lain , kegiatan ini dibantu oleh Bapak Yanto untuk pengelasan bagian gapura yang sudah rusak dan ketua karang taruna mas Agung untuk peminjaman peralatan sarana perbaikan,

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait