Mengenal Tugas dan Tanggung Jawab dari Seorang HR Manager

  • Whatsapp
Asian female entrepreneur analyzing reports while having business meeting with colleagues in the office.

HR manager adalah salah satu posisi yang mengepalai departemen SDM di perusahaan. Posisi ini memiliki peran dan dan tugas yang sangat dibutuhkan untuk pengawasan dari setiap kegiatan yang difokuskan untuk karyawan di perusahaan.

 

Lantas, apa tugas dan tanggung jawab lain dari seorang HR manager dalam sebuah perusahaan? Simak ulasan di bawah ini untuk menemukan jawabannya.

Siapa itu HR Manager?

HR manager adalah sebuah pekerjaan yang memiliki tugas utama untuk mengawasi fungsi administrasi, organisasi, dan bisnis perusahaan. Manajer HR biasanya mengepalai departemen HR dan berperan penting untuk menjembatani antara pihak manajemen dengan karyawan.

 

HR manager biasanya bisa ditemukan pada perusahaan yang bergerak di berbagai industri. Selama perusahaan memiliki karyawan, seorang HR manager biasanya sangat diperlukan untuk mengawasi berbagai proses yang berkaitan dengan karyawan, seperti perekrutan, pelatihan karyawan, serta pengembangan budaya di perusahaan.

Tugas dan Tanggung Jawab Seorang HR Manager

Sebagai seorang HR manager, Anda akan dituntut untuk melakukan berbagai tugas dan tanggung jawab yang disesuaikan dengan perusahaan dan industri tempat Anda bekerja. Ada beberapa tugas umum dari seorang HR manager yang harus dilakukan, seperti:

  • Merekrut, mewawancarai, dan mempekerjakan karyawan baru
  • Mengawasi setiap hubungan karyawan dan mengawasi prosedur disipliner
  • Mengawasi setiap konflik yang ada di perusahaan
  • Memberi jaminan keselamatan dan kenyamanan karyawan dalam bekerja
  • Mengelola tunjangan dan kompensasi karyawan

 

Peran dan tanggung jawab seorang HR manager umumnya akan berkaitan erat dengan skala perusahaan yang dikelola. Pada beberapa perusahaan kecil, HR manager akan didorong untuk mengawasi seluruh cakupan karyawan yang ada.

 

Pada perusahaan yang lebih besar, seorang HR manager akan dituntut untuk bekerja sesuai dengan spesialisasinya masing-masing dan berkolaborasi satu sama lain.

 

Berikut adalah tugas dari seorang HR manager berdasarkan spesialisasinya.

  • HR development

Melakukan pengembangan SDM dengan cara menyediakan pelatihan dan onboarding untuk karyawan baru maupun yang sudah berpengalaman

 

  • Workforce planning & employment

Membantu menemukan bakat-bakat baru untuk bisa dikembangkan oleh perusahaan di masa yang akan datang

 

  • Employe relations

Membantu melakukan negosiasi kontrak serikat pekerja, mendengarkan keluhan karyawan, dan bertanggung jawab dalam keterlibatan karyawan.

 

  • Risk management

Melakukan inspeksi, mengembangkan program kesehatan dan keselamatan bagi karyawan, memastikan kenyamanan dan kesejahteraan karyawan.

 

  • Total rewards:

Mengawasi program kompensasi dan tunjangan karyawan diluar gaji pokok yang diterima.

 

Beberapa tugas-tugas di atas akan sangat menyita waktu bila dikerjakan secara manual. Sebagai strategi, HR manajer bisa memanfaatkan kemajuan teknologi dengan menggunakan aplikasi HR guna memudahkan dan mengefektifkan pekerjaan dalam pengelolaan karyawan.

Cara Menjadi Seorang HR Manager

Ada beberapa kualifikasi yang harus dipenuhi oleh kandidat jika ingin menjadi seorang HR manager. Pada dasarnya, seorang HR manager harus memiliki motivasi kerja yang tinggi, terorganisir, dan memiliki kemampuan kepemimpinan yang baik.

 

Sebagai langkah awal, seorang kandidat harus memiliki latar belakang pendidikan yang relevan. Seorang kandidat minimalnya harus memiliki gelar sarjana dengan bidang studi yang berkaitan dengan pengelolaan sumber daya manusia, seperti jurusan psikologi, administrasi bisnis, dan jurusan lain yang relevan.

 

Selain latar belakang pendidikan yang relevan, seorang kandidat juga harus didukung dengan aspek pendukung lainnya, seperti pelatihan dan pengalaman. Untuk kedua hal tersebut, kandidat bisa membuktikannya melalui sertifikasi untuk meyakinkan perekrut terkait pengalaman dan keterampilan yang dimiliki.

 

Sekian untuk pembahasan tentang HR manager kali ini, semoga bermanfaat!

 

 

beritalima.com

Pos terkait