Mengintip Medical Check Up CPMI di Purwakarta

  • Whatsapp

PURWAKARTA, beritalima.com | Sebuah klinik di Purwakarta saat ini menjadi tempat medical check up alternatif bagi Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) yang akan diterbangkan secara Ilegal. Selain jaraknya dekat dengan tempat asal CPMI, hal tersebut diduga untuk memangkas biaya operasional.

Sementara sertifikat yang menyatakan CPMI sehat merupakan salah satu syarat untuk dapat bekerja di luar negeri. Sertifikat tersebut diperoleh setelah melakukan medical check up di klinik atau sarana kesehatan (sarkes) yang ditunjuk.

Berdasarkan data yang berhasil diperoleh tim beritalima, di wilayah Jawa Barat, sarana kesehatan yang ditunjuk hanya ada 12 di antaranya RSUD R Syamsudin Kota Sukabumi, dan RSUD Sekarwangi Kabupaten Sukabumi.

Di Cirebon RS Mitra Plumbon, Klinik Utama Sa’adah Bina Medika, RS Sumber Waras, RS Pelabuhan Cirebon, RS Permata, dan RSUD Waled.

Lalu ada RSUD Kabupaten Indramayu, Klinik Utama Medissina Lohbener dan RSUD Kelas B Kabupaten Subang serta RS Pamanukan Medical Center. (Pathuroni Alprian)

beritalima.com

Pos terkait