Menumbuhkan Minat baca pada masyarakat Desa Sawotratap Menggunakan Konsep Smart Library

  • Whatsapp
Buku yang ada di perpustakaan desa sawotratap

beritalima.com | Mahasiswa KKN 24 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo di desa Sawotratap Kecamatan Gedangan, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur melaksanakan program kerja yang telah direncanakan sebelumnya. Program kerja tersebut adalah membuat mendirikan sebuah perpustakaan yang berlokasi di Balai desa Sawotratap, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Sidoarjo. Tujuan dibuatnya perpustakann ini adalah untuk menumbuhkan minat baca pada warga desa Sawotratap khususnya anak – anak.

Yang unik dari perpustakaan ini yaitu tersinkronisasi dengan sebuah aplikasi yang bernama smart sawotratap yang dapat didownload melalui playstore, nantinya akan memudahkan para peminjam buku melihat apakah buku yang ingin dipinjam masih tersedia atau tidak, sehingga peminjam tidak perlu mengecek ketersediaan buku secara manual datang ke perpustakaan, dan dapat menghemat waktu yang terbuang akibat perjalanan. Cara peminjaman pada perpustakaan inipun terbilang mudah, berikut langkah – langkahnya.

Aplikasi smart sawotratap

1. user melakukan pendaftaran akun dengan cara mengisi alamat e – mail dan password.
2. user log in kedalam aplikasi.
3. user melakukan pendaftaran sebagai anggota perpustakaan melalui alamat e-mail yang tertera di dalam aplikasi.
4. user dapat meminjam buku setelah mendaftar menjadi anggota perpustakaan.

UNESCO menyebutkan Indonesia berada diurutan ke-2 dari bawah dalam kategori literasi dunia, artinya minat baca di Indonesia sangat rendah. Menurut data riset UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan, hanya 0,001%. Dari 1,000 orang Indonesia, cuma 1 orang yang rajin membaca. Riset berbeda bertajuk World’s Most Literate Nations Ranked yang dilakukan oleh Central Connecticut State Univesity pada bulan Maret 2016 lalu, Indonesia dinobatkan menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat membaca atau literasi, persis berada di bawah Thailand peringkat (59) dan di atas Bostwana peringkat (61). Padahal, dari segi penilaian infrastuktur, Di Indonesia sangat mendukung membaca atau literasi, peringkat Indonesia berada di atas negara-negara Eropa.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait