Menunggu Data, Pemerintah Desa Belum Salurkan BLT DD

  • Whatsapp

KEPULAUAN SULA,beritaLima,com  – Penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) dana desa (DD) bagi masyarakat terdampak Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) belum berjalan.

Dari hasil Pantauan awak media dari 78 Desa di Kabupaten Kepulauan Sula belum menyalurkan bantuan ke tangan masyarakat, karena belum ada hasil verifikasi data penerima bantuan dari Pemda Kepsul, sehingga menjadi kendala pemerintah desa (pemdes) tak kunjung menyalurkan bantuan yang besarnya 25 persen DD tersebut.

Sementara itu, Kapala Dinas Pemberdayaan Masayarakat Desa (Kadis PMD), Abdul Fatah Umasangaji mengakui aktifitas posko relawan tanggap Covid-19 belum maksimal, sehingga dari 78 desa masih menunggu pencairkan DD tahap dua. Pencairan tersebut untuk membiayai program padat karya tunai desa (PKTD) dalam menangani Covid-19, “ucap Abdul Fatah saat diwawancari awak media didepan Kantor Bawslu Desa Wai Ipa Kecamatan Sanana, Jum’at(8/05/20)

Lanjut Abdul Fatah, Dari 78 tersebut kita masih menunggu arahan dari Pemda Kepulauan Sula soal penyaluran BLT, “Khususnya hasil verifikasi data penerima bantuan yang sudah disetor di kecamatan, setelah melalui pendataan dan penetapan pemdes. Hasil verifikasi itu penting untuk mengetahui daftar penerima bantuan berdasarkan pembagian sumber anggarannya, “Namun dalam waktu dekat ini kita akan salurkan anggaran tahap dua.

Mengingat berdasarkan imbauan dari pemerintah pusat, penyaluran BLT harus adil dan tidak ada yang saling tumpang tindih. Sehingga bantuan bisa tersalurkan merata dan bisa dinikmati semua warga terdampak.”ucapnya. [DN]

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait