Motif – Motif Lantai Kayu Yang Unik dan Menarik

  • Whatsapp

SEJAK dulu, kayu dipercaya sebagai salah satu pilihan bahan lantai selain keramik dan marmer. Meskipun tidek sepopuler keramik yang harga jual lantai kayu lebih terjangkau, namun lantai kayu masih banyak diminati. Hal ini dibuktikan dengan semakin beragamnya inovasi motif – motif lantai kayu yang unik dan menarik. Berikut adalah beberapa referensinya.

Motif Parket Kayu Mahoni

Parket adalah jenis lantai yang bercorak. Sedangkan kayu mahoni merupakan bahan yang digunakan dalam menampilkan corak tersebut. Parket mahoni menjadi salah satu pilihan motif lantai kayu karena menggunakan bahan asli yang solid dan tidak mengandung campuran serbuk kayu atau partikel.

Motif parket kayu mahoni ada 2 macam. Yang pertama adalah motif parket kayu mahoni kelas A dan kelas B yang dibedakan dari kadar airnya. Meskipun demikian, kedua kualitas lantai dengan motif tersebut sangat tinggi karena melewati proses standarisasi internasional dengan memampatkan kadar air sampai 12% saja.

Ada 3 kelebihan motif parket kayu mahoni. Pertama, karena kadar airnya yang terbatas maka lantai tersebut pun lebih awet dari serangan jamur serta rayap. Kedua, motif seratnya yang halus dengan warna cokelat tua atau aksen merah bata akan memaksimalkan pandangan. Ketiga, teksturnya sebagai kayu solid yang dapat diamplas berkali – kali akan memungkinkan bahan ini sangat halus dan lebih hangat untuk suasana keluarga.

Motif Flooring Kayu Merbau

Kayu merbau memiliki kelebihan utama dari segi harga yang relatif terjangkau. Secara motif, seratnya lebih halus dibanding motif parket kayu mahoni. Warnanya cenderung lebih terang dan teksturnya berbeda. Perbedaan tekstur motif flooring kayu merbau dengan mahoni adalah lebih kasar dari segi permukaannya. Kekasaran tersebut membuat lantai dengan motif flooring kayu merbau sebaiknya digunakan sebagai landasan atau bagian dasar dari karpet atau sejenisnya. Sehingga bagian yang kasar tidak langsung mengenai telapak kaki, terutama jika di dalam rumah ada anak – anak.

Meskipun memiliki beberapa keterbatasan, pilihan motif flooring kayu merbau tidak bisa dibilang buruk. Hal ini disebabkan karena kayu merbau merupakan jenis kayu solid sehingga bagaimanapun bentuknya, akan jauh lebih baik daripada kayu partikel atau serbuk kayu. Dengan perawatan yang cukup, kayu merbau juga bisa bertahan lama dari rayap dan jamur.

Secara umum, masih banyak lagi motif lantai kayu seperti jenis sono keling yang lebih hitam, atau kayu jati yang lebih mahal. Intinya, apapun kayu itu harus disesuaikan antara proses pengamplasannya dengan serat kayu.[tq]

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *